Ini Strategi Pemerintah Jaga Inflasi Tetap Terkendali di Tahun 2022

Kompas.com - 10/03/2022, 06:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comPemerintah dan Bank Indonesia (BI) berkomitmen menjaga tingkat inflasi 2022 dalam kisaran sasaran yang sudah ditetapkan, yakni 2 persen hingga 4 year on year (yoy).

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, dalam hal ini, pemerintah lewat Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) serta BI menetapkan lima langkah strategis untuk memperkuat pengendalian inflasi.

Pertama, memperkuat koordinasi kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan mendorong momentum pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga: BPS: Konflik Rusia-Ukraina Pengaruhi Ekspor Impor hingga Inflasi di Indonesia

Kedua, memitigasi dampak upside risk, seperti dampak normalsiasi kebijakan likudiitas global dan peningkatan harga komoditas dunia.

“Ini bisa berpengaruh terhadap inflasi dan daya beli masyarakat,” tutur Perry dalam keterangan resminya, Rabu (9/3/2022).

Ketiga, menjaga inflasi kelompok bahan pangan bergejolak (volatile food) dalam kisaran 3 persen hingga 5 persen. Hal ini dilakukan dengan menjaga ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi, teurtama menjelang hari besar keagamaan nasional.

Implementasi strategi difokuskan lewat optimalisasi pemanfaatan teknologi dan digitalisasi pertanian sisi hulu-hilir, pengembangan konektivitas, serta penguatan kerja sama antardaerah.

Baca juga: 9 Penyebab Terjadinya Inflasi di Suatu Negara

Keempat, memperkuat sinergi komunikasi kebijakan untuk mendukung pengelolaan ekspektasi inflasi masyarakat.

Kelima, memperkuat koordinasi pemerintah pusat dan daerah dalam pengendalian inflasi lewat rapat koordinasi nasional (rakornas) pengendalian inflasi 2022.

Ke depan, Pemerintah dan BI, baik di tingkat pusat maupun daerah, berkomitmen untuk terus memperkuat sinergi agar inflasi IHK tetap terjaga sesuai kisaran sasarannya.

Upaya tersebut diharapkan dapat semakin mendorong peningkatan daya beli masyarakat sebagai bagian dari pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tengah meningkatnya risiko global.

Inflasi yang rendah dan stabil juga akan memperkuat stabilitas dan mendukung pemulihan perekonomian untuk tumbuh lebih tinggi dan berkesinambungan menuju Indonesia Maju. (Bidara Pink)

Baca juga: Susun Target Tahun 2023, Sri Mulyani Waspadai Lonjakan Inflasi Global

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Begini Jurus BI dan Pemerintah Jaga Inflasi Tetap Sesuai Target Tahun Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.