Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPJT Mulai Persiapkan Jalan Tol untuk Arus Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 10/03/2022, 10:33 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai mempersiapkan jalan tol menjelang mudik lebaran agar arus mudik lancar.

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, masa mudik tahun ini diperkirakan tidak akan diberlakukan pembatasan perjalanan.

Oleh karenanya, BPJT melakukan persiapan mudik layaknya persiapan sebelum pandemi Covid-19.

Baca juga: Ingin Beli Mobil Bekas untuk Mudik Lebaran? Pahami Biaya Loading Fee dalam Asuransi Kendaraan

"Dengan kemungkinan tidak diberlakukannya pembatasan perjalanan, kita akan kembali ke prosedur pra-Covid untuk pengecekan ruas dan pola manajemen rest area," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (9/3/2022).

BPJT juga tengah melakukan penutupan lubang di beberapa ruas jalan tol sesuai dengan arahan Menteri PUPR, agar saat mudik masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan aman dan mengantisipasi kecelakaan akibat jalan berlubang.

Selain itu berbagai fasilitas pendukung jalan tol seperti rambu dan marka jalan hingga rest area turut dipersiapkan guna memberikan keamanan dan kenyamanan kepada para pengendara.

"Fokus pada kualitas jalan dan untuk operasi kami fokus ke pengelolaan kegawatdaruratan saat kecelakaan," ucapnya

Baca juga: Viral Cuitan di Twitter Soal Derek Mobil di Tol Mahal, Ini Tarif Aslinya

Pihaknya juga berkoordinasi dengan kepolisian dan instansi lainnya untuk memastikan ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Misalnya dengan mempersiapkan berbagai rekayasa lalu lintas.

"Komunikasi dengan Korlantas dan Kemenhub untuk manajemen lalu lintas di ruas tol, seperti contra flow, one way system, detour dan Ditjen Bina Marga untuk penanganan darurat," jelasnya.

Diperkirakan seluruh persiapan mudik oleh BPJT ini dapat diselesaikan 15 hari sebelum Idul Fitri mendatang agar masyarakat dapat melakukan mudik jauh-jauh hari. "H-15 harus sudah tuntas," kata dia.

Dikutip dari Kompas.com, pemerintah melalui Kementerian Agama belum menetapkan kapan permulaan puasa aau 1 Ramadhan 1443 Hijriah dalam kalender Masehi.

Namun, menurut organisasi massa Islam Muhammadiyah memperkirakan 1 Ramadhan tahun ini akan jatuh pada Sabtu, 2 April 2022 dan Idul Fitri tanggal 2 dan 3 Mei 2022.

Oleh karenanya, agar dapat mempersiapkan masa mudik lebaran, berbagai instansi pemerintah mulai melakukan persiapan menjelang mudik.

Baca juga: Akhir 2022, Pemerintah Terapkan Pembayaran Tol Nirsentuh secara Bertahap

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com