Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chandra Asri Selesaikan Penawaran Obligasi Ke-3 Senilai Rp 5 Triliun

Kompas.com - 10/03/2022, 15:00 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten petrokimia, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, telah merampungkan pelaksanaan serangkaian program penawaran obligasi rupiah ketiga.

Perusahaan dengan kode emiten TPIA itu telah melaksanakan program penawaran obligasi berkelanjutan ketiga tahap I tahun 2020 yang ditutup dengan nilai Rp 1 triliun, tahap II tahun 2020 dengan nilai Rp 600 miliar, tahap III 2021 senilai Rp 1 triliun, tahap IV 2021 dengan Rp 1 triliun, dan tahap V sebesar Rp 1,4 Triliun.

Presiden Direktur Chandra Asri Erwin Ciputra mengatakan, pada penerbitan tahap V 2022, perusahaan mencatat order book dan kelebihan permintaan sebesar Rp 2,5 triliun.

Baca juga: BRI Kucurkan Rp 4,5 Triliun untuk Chandra Asri

Penerbitan tersebut juga sekaligus menjadi rekor baru penerbitan satu tahap terbesar oleh TPIA yakni sebesar Rp 1,4 triliun.

"Kami senang dapat menyelesaikan program obligasi Rupiah dengan sukses dengan dukungan kuat dari investor yang loyal dan penjamin emisi bersama," kata Erwin, dalam keterangannya, Kamis (10/3/2022).

"Ini adalah bukti kuat dari kepercayaan yang tinggi dari investor domestik terhadap kinerja Perusahaan dan kekuatan finansial," tambahnya.

Baca juga: Dari Rugi Rp 269,8 Miliar, Chandra Asri Raup Laba Bersih Rp 2,35 Triliun Hingga Kuartal III-2021

Lebih lanjut Ia bilang, pejamin emisi efek terbaru tahap V terdiri dari  PT BCA Sekuritas, PT BNI Sekuritas, PT BRI Danareksa Sekuritas, PT CIMB Niaga Sekuritas, dan PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, sementara PT Bank Tabungan Negara Tbk bertindak sebagai wali amanat.

Dengan raihan penerbitan obligasi berkelanjutan ketiga itu, Erwin menyebutkan, pihaknya akan berusaha untuk mengembangkan program berkelanjutan obligasi rupiah dan akan meluncurkan penawaran baru pada tahun 2022 untuk memberikan peluang berkelanjutan kepada investor  berpartisipasi dalam pertumbuhan dan ekspansi perusahaan.

"Kami senang dapat memberikan alternatif yang menarik bagi investor untuk membantu memenuhi kebutuhan investasi mereka, untuk dapat mendiversifikasi portofolio mereka dalam mengurangi risiko, dan meningkatkan hasil serta pengembalian mereka," ucapnya.

Baca juga: Dari Rugi 40 Juta Dollar AS, Chandra Asri Raup Laba Bersih Rp 2,39 Triliun pada Semester I 2021

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com