Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Pendapatan per Kapita: Definisi, Fungsi, dan Rumusnya

Kompas.com - Diperbarui 31/08/2022, 21:25 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comPendapatan per kapita adalah istilah yang barangkali sudah tidak asing. Biasanya, istilah pendapatan per kapita berkaitan dengan perekonomian di sebuah negara. Lalu, apa itu pendapatan per kapita?

Pengertian pendapatan per kapita

Dikutip dari Investopedia, pendapatan per kapita adalah ukuran jumlah uang yang diperoleh per orang di suatu negara atau wilayah geografis.

Umumnya, pendapatan per kapita adalah digunakan untuk menentukan pendapatan rata-rata per orang di suatu daerah dan untuk mengevaluasi standar hidup dan kualitas hidup penduduk.

Pendapatan per kapita suatu negara dihitung dengan membagi pendapatan nasional negara tersebut dengan jumlah penduduknya.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga Salurkan Bahan Bakar untuk Kapal Besar di Selat Malaka

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendapatan per kapita adalah pendapatan nasional yang dibagi dengan jumlah penduduk. Dalam arti lain, pendapatan per kapita adalah besarnya suatu pendapatan rata-rata semua penduduk di suatu negara tersebut.

Sementara, dikutip dari Gramedia.com, pendapatan per kapita adalah hitungan pendapatan jumlah penduduk yang ada di negara tersebut, yang dimana pendapatan per kapita merupakan hasil pendapatan nasional negara.

Pendapatan per kapita pada negara dapat meningkat apabila pendapatan rata-rata pada penduduk negara tersebut naik atau tinggi.

Jadi pendapatan per kapita adalah salah satu cara dalam membangun perekonomian suatu negara. Selain itu, pendapatan perkapita adalah digunakan suatu ukuran dalam melihat keadaan kesejahteraan masyarakat di suatu negara.

Baca juga: Apakah Uang Korban Indra Kenz dan Doni Salmanan Bisa Kembali? Ini Kata Kabareskrim

Fungsi penghitungan pendapatan per kapita

Penghitungan pendapatan perkapita adalah terjadi setahun sekali. Adapun fungsi dari penghitungan pendapatan perkapita adalah sebagai berikut:

1. Mengetahui perkembangan suatu negara

Pendapatan per kapita berguna untuk melihat rata-rata pendapatan masyarakat dari suatu negara. Maka dengan ini fungsi pendapatan per kapita adalah untuk mengetahui perkembangan suatu negara. Apakah pada tahun ke tahun terdapat pembangunan atau malah tidak ada pembangunan.

2. Sebagai acuan mengambil kebijakan di masa yang akan datang

Dengan meningkatnya pendapatan per kapita, maka data tersebut dapat dijadikan acuan suatu negara apakah tahun berikutnya dan seterusnya pendapatan per kapita akan naik. Maka pemerintah dapat mengambil suatu kebijakan di masa sekarang sampai masa yang akan datang.

Baca juga: Menteri Bahlil Ungkap UEA Bakal Tingkatkan Investasi di Indonesia

3. Meninjau kualitas ekonomi negara

Fungsi pendapatan per kapita berguna untuk meninjau kualitas ekonomi masyarakat di suatu negara dalam waktu tertentu. Hal ini karena data pendapatan perkapita sebagai analisis dalam evaluasi negara. Dengan ini negara bisa melihat kurang nya dimana serta langkah apa yang akan diambil kedepannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com