Simak Cara Cek Penerima BPNT 2022 di cekbansos.kemensos.go.id

Kompas.com - 10/03/2022, 18:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah mengumumkan Program Bantuan Pangan Non-tunai (BPNT) atau Bantuan Kartu Sembako Murah 2022 sudah dicairkan. Untuk mengetahui apakah Anda termasuk penerima bansos BPNT, bisa mengeceknya di laman cekbansos.kemensos.go.id.

Cek bansos BPNT juga dapat akses melalui aplikasi Cek Bansos yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store. Selain itu, cek bansos penerima BPNT 2022 juga dapat dilakukan dengan mendatangi kantor Dinas Sosial setempat.

Tahun ini, pemerintah telah mengucurkan anggaran sebesar Rp 45,12 triliun untuk program bantuan sosial BPNT. Bansos BPNT ini akan diberikan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Pada tahap ini, program kartu sembako Januari-Maret 2022 dicairkan sekaligus. Dengan begitu, keluarga KPN sasaran kartu sembako akan menerima bantuan senilai Rp 600.000.

Baca juga: Profil Prajogo Pangestu, Bos Energi dan Orang Terkaya Ketiga RI yang Pernah Jadi Sopir Angkot

Kementerian Sosial (Kemensos) menyebut, penerima bansos harus terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Namun meski terdaftar di DTKS, tidak semua orang atau keluarga atau individu secara otomatis akan menerima berbagai bansos yang diselenggarakan pemerintah.

Setiap jenis bansos memiliki variabel, kriteria, dan kuota masing-masing. Sehingga hanya mereka yang memenuhi persyaratan lah yang akan mendapatkan bansos-bansos tertentu.
Lantas, bagaimana cara mengecek penerima BPNT 2020 (cek bansos Kemensos)?

Cara cek penerima BPNT

Dikutip dari Kompas.com, setidaknya ada tiga cara cek penerima BPNT atau cek bansos Kemensos yang bisa Anda lakukan. Simak penjelasannya berikut ini:

Baca juga: Syarat Perjalanan Tak Perlu PCR-Antigen Lagi, Bisnis Tes Covid-19 Bakal Redup?

1. Cara cek penerima BPNT 2022 di laman Cekbansos.kemensos.go.id

Cara yang pertama cek penerima BPNT 2022 adalah melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. Berikut cara cek penerima BPNT 2022 di laman Cekbansos.kemensos.go.id:

  • Buka browser di HP atau PC.
  • Masuk ke laman cekbansos.kemensos.go.id
  • Isikan data yang diminta, mulai wilayah dan nama Anda
  • Ketikkan kode yang terdiri dari 8 digit huruf, sertakan juga spasi sebagaimana terlihat dalam gambar
  • Klik "Cari Data"
  • Jika nama Anda muncul, maka Anda sudah tercantum dalam DTKS. Namun, untuk memastikan apakah Anda termasuk penerima BPNT 2022, pastikan dalam kolom status BPNT tertulis "Ya".

Cara cek penerima BPNT lewat laman cekbansos.kemensos.go.id dan aplikasi Cek Bansos Instagram @kemenkeuri Cara cek penerima BPNT lewat laman cekbansos.kemensos.go.id dan aplikasi Cek Bansos

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.