BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan ACE Hardware Indonesia

Bijak Membelanjakan Gaji, Simak 5 Tips Pintar Belanja Online Ini

Kompas.com - 11/03/2022, 09:15 WIB

KOMPAS.com – Gajian merupakan momen yang ditunggu oleh pekerja. Selain membiayai kebutuhan sehari-hari, gaji juga digunakan untuk membayar berbagai kebutuhan, mulai dari asuransi, cicilan rumah, kendaraan, hingga investasi.

Untuk memenuhi hal tersebut, kamu perlu mengelola keuangan dengan baik. Pasalnya, berapa pun gaji yang didapat, bila tidak dikelola dengan bijak, kamu selalu merasa tidak cukup.

Salah satu godaan terbesar dalam mengelola keuangan adalah kemudahan belanja online. Pasalnya, calon konsumen dapat membeli berbagai barang melalui smartphone. Selain itu, pembayaran juga dapat dilakukan secara mudah.

Supaya tidak kebablasan, Kompas.com telah merangkum tips pintar berbelanja bijak secara daring.

1. Menulis daftar belanjaan

Langkah pertama, kamu bisa mencatat daftar belanjaan dalam waktu dekat. Selain nama barang, kamu bisa menuliskan bujet atau estimasi harga yang diperlukan untuk membeli masing-masing barang.

Dengan demikian, kamu bisa punya gambaran berapa banyak kebutuhan serta anggaran yang diperlukan.

2. Buat skala prioritas

Setelah membuat daftar belanjaan, kamu bisa menyortirnya dengan skala prioritas. Kamu bisa menentukan skala prioritas berdasarkan urgensi, apakah barang yang dibeli berdasarkan kebutuhan atau keinginan.

Sebagai contoh, kamu ingin membeli alat penanak nasi atau alat pel di rumah karena sudah tidak berfungsi. Jika tidak segera diganti, hal ini akan berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari di rumah. Dengan demikian, produk ini bisa jadi prioritas utama untuk dibeli.

Kamu juga bisa membuat skala prioritas dengan mengurutkan barang berdasarkan periode. Misalnya, kebutuhan harian, mingguan, atau bulanan.

3. Cermat memilih metode pembayaran

Saat ini, terdapat berbagai metode pembayaran untuk belanja di toko online, mulai dari transfer bank, uang digital (e-wallet), hingga kartu kredit.

Kamu bisa pilih metode pembayaran yang bebas biaya admin supaya lebih hemat. Selain itu, kamu bisa pula menyelesaikan transaksi menggunakan e-wallet karena biasanya terdapat banyak promo, seperti cashback. Jika diakumulasi, jumlah bonus ini dapat menghemat pengeluaranmu.

Jika barang yang ingin dibeli nominalnya cukup besar, kamu bisa menggunakan metode pembayaran kartu kredit dan memanfaatkan program cicilan 0 persen. Hal ini bertujuan supaya belanjaanmu ini tidak memberatkan pengeluaran atau cash flow bulanan.

ACE Hardware Indonesia, misalnya, menyediakan program cicilan 0 persen. Program ini tersedia dengan tenor 3, 6 atau 12 bulan menggunakan kartu kredit BCA, Mandiri, CIMB Niaga, BNI, dan BRI.

Melalui program tersebut, kamu bisa mendapatkan berbagai produk kebutuhan rumah dengan mudah, tapi tetap fleksibel.

4. Manfaatkan promo diskon dan cashback

Biar lebih hemat, manfaatkan program promo, diskon, atau cashback yang ditawarkan toko online. Sebagai contoh, di ACE Hardware Indonesia saat ini sedang berlangsung promo ACE Boom Sale. Terdapat promo hemat 70 persen, beli 1 gratis 1, dan cashback hingga Rp 700.000.

Promo diskonnya berlaku untuk belanja di toko fisik ataupun online. Untuk mendapatkan promo cashback, kamu bisa belanja lewat situs ACE Online atau aplikasi MISS ACE. Belanja minimal Rp 250.000 dan gunakan kode kupon “BOOM70” khusus untuk belanja di ACE Online.

Belanja produk ACE Hardware Indonesia kian mudah melalui aplikasi MISS ACE. DOK. ACE Hardware Indonesia. Belanja produk ACE Hardware Indonesia kian mudah melalui aplikasi MISS ACE.

Sementara untuk belanja di aplikasi MISS ACE, kamu bisa gunakan kode kupon “BOOM700” dengan belanja minimal Rp 1,5 juta untuk mendapatkan cashback. Promo ini berlaku hingga 29 Maret 2022.

Selain promo diskon dan cashback, kamu juga bisa hemat saat belanja melalui ACE Online atau aplikasi MISS ACE karena ada promo gratis ongkos kirim (ongkir) hingga Rp 1 juta. Promo itu bisa kamu manfaatkan bila hendak membeli banyak produk atau barang yang berat.

5. Utamakan kualitas

Tips terakhir adalah utamakan kualitas. Saat belanja online, kamu akan menjumpai banyak produk dengan berbagai pilihan dan merek, mulai dari yang berharga murah hingga mahal. Oleh karena itu, kamu harus lebih cermat dan teliti sebelum membeli.

Jangan langsung tergoda dengan produk berharga murah karena ingin berhemat semaksimal mungkin. Kamu perlu cek kualitas bahan, jenis material yang digunakan, serta harga yang ditawarkan. 

Seperti pepatah lama, ada harga ada rupa. Barang berkualitas bagus, meski harganya lebih tinggi, cenderung lebih awet digunakan. Sebaliknya, produk berharga murah bisa saja lebih cepat rusak.

Oleh karena itu, secara tidak langsung, kamu telah berhemat dengan membeli barang berkualitas bagus karena masa pakainya lebih lama.

Jadi, tunggu apa lagi? Kamu bisa langsung berbelanja produk ACE di situs resmi ACE Online atau aplikasi MISS ACE untuk mendapatkan produk berkualitas dengan harga pas. Selamat berbelanja!

 


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.