Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Jalur KRL Jogja-Solo Diperpanjang hingga Stasiun Palur

Kompas.com - 11/03/2022, 14:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian memperpanjang jalur KRL Jogja-Solo tahun ini.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Putu Sumarjaya mengatakan, jalur akan diperpanjang sebanyak 6,2 kilometer hingga Stasiun Palur.

"Kami semakin optimistis dalam menyelesaikan pekerjaan perpanjangan jalur pelayanan KRL hingga Stasiun Palur di tahun ini," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat ( 11/3/2022).

Baca juga: Mulai Hari Ini, Duduk di KRL Tidak Lagi Berjarak

Setelah satu tahun beroperasi, KRL Jogja-Solo telah melayani perjalanan penumpang dari Stasiun Yogyakarta hingga Stasiun Solo Balapan, sejauh 62,5 kilometer.

Selama satu tahun beroperasi, KRL Jogja-Solo memiliki jalur sepanjang 62,5 kilometer. Dengan adanya perpanjangan jalur maka nantinya jalur KRL Jogja-Solo menjadi sepanjang 68,7 kilometer.

KRL Jogja-Solo merupakan KRL pertama di luar wilayah Jabodetabek, telah menggantikan peran KRD Prameks yang melayani rute Jogja-Solo selama lebih dari dua dekade.

Hadirnya KRL Jogja-Solo selain membawa segudang dampak positif terhadap peningkatan kualitas pelayanan dan mobilitas masyarakat Yogyakarta, Solo, dan sekitarnya, juga secara signifikan membawa perubahan perilaku dan budaya masyarakat menjadi lebih tertib dan disiplin dalam bertransportasi.

Baca juga: Kenaikan Tarif KRL Resmi Ditunda hingga Setelah Lebaran

"Meski diluncurkan di tengah situasi pandemi Covid-19, sejak mulai beroperasi, KRL Jogja-Solo sudah berhasil melayani lebih dari 2 juta penumpang," ucapnya.

Melihat antusias tersebut, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) menargetkan peningkatan layanan KRL Jogja-Solo. Salah satunya dengan memperpanjang jalur hingga Stasiun Palur.

"Pembangunan yang terus dilakukan pada lintas Yogyakarta-Solo ini merupakan langkah nyata Pemerintah dalam rangka mengupayakan penyediaan layanan transportasi massal untuk mendukung pergerakan masyarakat yang kian dinamis khususnya di wilayah Solo sebagai bagian dari segitiga emas di Jawa Tengah, selain Jogja dan Semarang," kata dia.

Di wilayah Jawa Tengah khususnya area Solo dan sekitarnya, terdapat dua proyek pembangunan yang diharapkan dapat selesai di Tahun 2022.

Dua proyek tersebut adalah perpanjangan elektrifikasi jalur KA dari Solo Balapan-Solo Jebres-Palur sepanjang 6,2 kilometer dan pembangunan Depo KRL di Solo Jebres yang ditargetkan dapat rampung sesuai rencana.

"Progress pembangunan Depo KRL saat ini sudah sebesar 58 persen dan dengan kehadiran Depo ini tentunya akan meningkatkan perawatan dan kualitas layanan sarana KRL," tutur dia.

Sebelumnya, proyek elektrifikasi lintas Yogyakarta-Solo hanya sampai di Stasiun Solo Balapan. Namun, pada tahun 2022, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Direktorat Jenderal Perkeretaapian melakukan pengembangan elektrifikasi jalur hingga Stasiun Palur.

Baca juga: KRL Solo-Jogja Layani 2 Juta Penumpang Selama Satu Tahun Beroperasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com