Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Pesawat Garuda, Albert Burhan Dinonaktifkan sebagai Dirut Pelita Air

Kompas.com - 11/03/2022, 17:20 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan Direktur Utama PT Pelita Air Service (PAS) Albert Burhan sebagai tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi pengadaan pesawat PT Garuda Indonesia Tbk (Persero).

Terkait hal tersebut, Pelita Air Service pun menonaktifkan Albert Burhan dari posisi Dirut. Hal ini berdasarkan hasil koordinasi Dewan Komisaris dengan pemegang saham Pelita Air Service yaitu PT Pertamina (Persero).

“Sebagai wujud menghormati proses penegakan hukum di Kejaksaan Agung, posisi pak Albert sesuai arahan pemegang saham dinonaktifkan sementara," ujar Komisaris Utama Pelita Air Service Michael Umbas dalam keterangannya, Jumat (11/3/2022).

Baca juga: Buat Investor Pemula, Simak Tips Terhindar dari Platform Investasi Bodong

Selanjutnya, Dewan Komisaris menunjuk Direktur Keuangan dan Umum Muhammad S. Fauzani sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Utama untuk menjaga kelangsungan dan kelancaran bisnis perusahaan.

"Untuk pelaksana tugas Dirut, Dewan Komisaris telah sepakat menunjuk Dirkeu Pak Muhammad Fauzani berlaku mulai hari ini,” kata dia..

Michael mengatakan, Pelita Air Service menghormati dan menaati proses hukum yang sedang berlangsung. Perseroan pun berkomitmen untuk terus menjalankan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) dalam menjalankan proses bisnis perusahaan.

"Pelita Air Service akan tetap menjalankan bisnis penerbangan charter, jasa aviasi lainnya dengan komitmen penuh menjaga keamanan, keselamatan, dan kenyamanan para pelanggan," tutupnya.

Baca juga: Menko Airlangga Minta Pengusaha Berani Promosi Kopi RI ke Luar Negeri

Sebagai informasi, kapasitas Albert Burhan dalam kasus dugaan korupsi pengadaan pesawat Garuda Indonesia pada 2011-2021, yaitu saat itu sebagai VP Corporate Planning Garuda Indonesia periode tahun 2017-2018.

Adapun Albert Burhan diangkat menjadi Direktur Utama (Dirut) Pelita Air Service pada Oktober 2021 lalu, mengisi posisi dirut yang sudah kosong hampir dua tahun.

Sebelumnya, Albert pernah menjabat sebagai CFO dan CEO Citilink Indonesia, lalu bergabung kembali di Garuda Indonesia, dan menjabat sebagai CEO PT Aero Jasa Cargo, anak perusahaan Garuda Indonesia di bidang logistik sebelum akhirnya ke Pelita Air Service.

Baca juga: Bulog Pastikan Stok Beras Aman Jelang Ramadhan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com