Awas, Jangan Tertipu Lowongan Kerja Palsu Mengatasnamakan Jasa Raharja

Kompas.com - 11/03/2022, 21:48 WIB


KOMPAS.com - PT Jasa Raharja mengidentifikasi terdapat sejumlah akun media sosial yang meyebarkan informasi lowongan kerja palsu mengatasnamakan Jasa Raharja.

Belakangan, akun Instagram @jasaraharja_career dan akun email hrd@jrp.co.id diketahui menyebarkan lowongan kerja Jasa Raharja yang ternyata palsu.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh Direktur SDM dan Umum PT Jasa Raharja Rubi Handojo yang secara tegas mengungkapkan bahwa akun yang menyebarkan informasi palsu tersebut telah meresahkan.

Baca juga: Asuransi Kredit Indonesia Buka Lowongan untuk S1 dan S2 dari Banyak Jurusan

“Jasa Raharja mengimbau masyarakat agar waspada terhadap akun yang tidak bertanggung jawab seperti akun Instagram @jasaraharja_career, akun email hrd@jrp.co.id yang diduga menyebarkan informasi lowongan kerja tersebut,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip pada Jumat (11/3/2022).

Ciri-ciri lowongan kerja palsu

Berdasarkan penelusuran Jasa Raharja, akun yang meresahkan tersebut selalu update info Jasa Raharja dan terlihat meyakinkan.

Akun tersebut menginformasikan Jasa Raharja membuka lowongan pekerjaan dan mengirimkan undangan serta panggilan untuk wawancara di berbagai kota di seluruh Indonesia.

“Informasi lowongan pekerjaan yang dibagikan oleh jasaraharja_career dan aplikasi lowongan pekerjaan merupakan tindakan penipuan,” tegasnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa pada era digital saat ini arus informasi begitu deras masuk kepada masyarakat lewat berbagai platform maupun kanal, baik media konvensional maupun media sosial.

Hal ini menuntut seluruh kalangan untuk lebih waspada dalam mengolah informasi, termasuk mengenai info lowongan Jasa Raharja.

Baca juga: BUMN Waskita Karya Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 hingga S2, Ini Syaratnya

“Akun jasaraharja_career bukan milik PT Jasa Raharja. Kami tidak bekerja sama dengan travel agent manapun dan tidak memungut biaya apapun untuk proses rekrutmen karyawan. Tetap waspada dan berhati-hati dalam mendapatkan informasi”, imbau Rubi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.