Cek Daftar Penyakit yang Ditanggung BPJS Kesehatan Tahun 2022

Kompas.com - 12/03/2022, 20:59 WIB


KOMPAS.com – Informasi seputar penyakit yang ditanggung BPJS Kesehatan banyak dicari pembaca, khususnya bagi mereka yang selama ini memanfaatkan pengobatan yang ditanggung BPJS.

Sejumlah pertanyaan terkait daftar penyakit yang ditanggung BPJS 2022, termasuk mengenai penyakit kulit yang ditanggung BPJS juga kerap mencuat.

Penyakit apa saja yang bisa menggunakan BPJS? Apa saja tanggungan BPJS Kesehatan? Apa rontgen termasuk yang ditanggung BPJS? Apakah sakit gigi ditanggung BPJS? Apakah ortopedi ditanggung BPJS?

Baca juga: Berapa Iuran BPJS Kesehatan 2022? Cek Lagi Aturan Kenaikan Iuran BPJS

Itulah sejumlah pertanyaan yang sering bermunculan. Karena itu, artikel ini akan membantu pembaca menjawab sederet pertanyaan tersebut dengan menyajikan daftar penyakit yang ditanggung BPJS 2022.

Aturan pengobatan yang ditanggung BPJS

Dikutip dari laman resmi BPJS Kesehatan pada Sabtu (12/3/2022), ketentuan mengenai penyakit yang ditanggung BPJS Kesehatan masih belum berubah dari sebelumnya.

Ketentuan tersebut masih mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 28 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Artinya, daftar penyakit yang ditanggung BPJS 2022 masih sama seperti sebelumnya, termasuk yang berkaitan dengan penyakit kulit yang ditanggung BPJS.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online

Adapun untuk pelayanannya, peserta BPJS Kesehatan bisa mendapatkan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat peserta terdaftar.

FKTP tersebut meliputi Puskesmas, praktik dokter perorangan, praktik dokter gigi, klinik umum dan rumah sakit kelas D Pratama.

Bentuk pelayanan yang diberikan di antaranya bisa untuk operasi, rawat inap, berobat jalan, pembelian obat, persalinan, ambulans, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cek BPJS Kesehatan Sudah Aktif atau Belum dengan NIK di WA Tanpa Ribet

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.