Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Skystar Capital
Pemodal Ventura

Skystar Capital adalah pemodal ventura yang berfokus pada pendanaan awal untuk membantu akselerasi bisnis rintisan teknologi. Skystar Capital hadir sebagai solusi bagi para pendiri untuk memberikan bantuan modal, saran, dan kemitraan strategis untuk meningkatkan skala bisnis.

Skystar Capital didukung oleh berbagai grup perusahaan terkemuka di berbagai bidang seperti media, telekomunikasi, layanan keuangan, layanan kesehatan, sektor pendidikan, dan lain-lain. Kami memberikan akses melalui jaringan profesional untuk pengembangan bisnis perusahaan rintisan.

Ingin lebih kenal dengan kami? Bisa follow kami di Instagram (@skystar.vc) atau Linkedin Skystar Capital. Juga kunjungi situs kami www.skystarcapital.com atau kalau ingin berbincang dengan kami, kirimkan surel ke contact@skystarcapital.com 

Faktor Penting Penentu Parameter Sukses Pendiri Startup

Kompas.com - 13/03/2022, 07:04 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

MAMPU menjalankan bisnis dengan sukses sekaligus menguasai manajemen anggota tim yang baik bukanlah keterampilan yang dimiliki semua pendiri usaha rintisan. Tidak heran jika hanya sekitar 10 persen pendiri startup dinyatakan berhasil menciptakan perubahan. Sementara yang lainnya berujung gagal atau cenderung tidak akan menghasilkan sesuatu yang sungguh dibutuhkan pasar.

Melansir Forbes, 90 persen perusahaan startup gagal dan terpaksa berhenti di tengah jalan akibat banyak faktor, salah satunya disebabkan oleh kesalahan pendirinya sendiri. Pada artikel terdahulu, telah dijelaskan tentang beberapa kesalahan pendiri yang harus dihindari. Untuk merangkumnya, kesalahan itu termasuk komunikasi yang kurang baik dengan anggota tim, tidak menguasai produk yang diciptakan, hingga masalah kehilangan motivasi.

Saat membangun startup, setiap pendiri harus tahu bahwa ada beban risiko besar yang mungkin datang di kemudian hari. Kegagalan yang terjadi pada perusahaan tidak dapat serta-merta disalahkan pada ide dan jenis usaha itu sendiri.

Itulah sebabnya, saat bicara tentang kegagalan, yang pertama kali harus dievaluasi adalah tentang siapa saja orang yang terlibat menjalankan perusahaan, terutama pendiri yang juga menjalankan peran sebagai pemimpin operasional.

Oleh sebab itu, kerja tim yang baik adalah salah satu kunci penting di balik keberhasilan pendiri. Reid Hoffman, salah satu pendiri LinkedIn pernah berkata dalam sebuah unggahan, “Tidak peduli seberapa brilian pemikiran atau strategi Anda, jika hanya memainkan permainan solo, Anda akan selalu kalah dari tim (lainnya).”

Baca juga: Pendiri Startup, Simak Cara Menyusun Cap Table untuk Memikat Investor

Meskipun tidak ada pakemnya, melalui riset dan pengamatan internal Skystar Capital, sebenarnya ada pola khusus yang dapat ditemui dari para pendiri usaha rintisan yang sukses. Kriteria ini tidak terbatas pada lingkup startup saja, tetapi juga terlihat pada karakter dasar seorang pemimpin yang baik.

Memang tidak semua pendiri memiliki karakter yang persis satu dengan yang lain, akan tetapi pola itu akan terlihat, dan itulah yang membedakan mereka dengan kebanyakan pendiri usaha rintisan lainnya.

Berikut empat ciri karakter penentu parameter kesuksesan tersebut.

1. Bertanggung jawab dan tidak menunda-nunda

Salah satu karakter penting bagi para pendiri startup yang sukses adalah selalu bertanggung jawab atas setiap perkataannya. Saat mereka mengatakan akan melakukan sesuatu, maka idealnya hal tersebut sudah mereka kerjakan dalam kurun waktu dua minggu setelah hal itu dibicarakan.

Tak hanya melakukannya, tetapi juga sudah dilakukan evaluasi terhadap hal tersebut, sekaligus tahu apa langkah selanjutnya yang harus diambil. Bentuk tanggung jawab itu dilakukan tanpa ada sikap menunda-nunda, atau dengan alasan menunggu waktu yang tepat. Dengan karakter seperti ini, pendiri startup sudah setahap lebih maju dibandingkan pesaing lainnya.

2. Memiliki sikap tangguh

Bayangkan jika salah satu anggota tim menunjukkan bahwa mereka memiliki ketangguhan untuk selalu menyelesaikan tugasnya dengan hasil yang baik, tepat waktu, dan konsisten. Tentu rekan satu timnya akan menaruh rasa hormat terhadap orang tersebut. Inilah yang juga akan terjadi pada seorang pendiri dan pemimpin dalam perusahaan dengan karakter tersebut.

Dengan memiliki sikap tersebut, anggota tim akan jauh lebih menghargai visi misi perusahaan yang dibangun sebab mereka percaya bahwa pemimpinnya akan membawa mereka menuju kesuksesan yang diimpikan. Kemampuan seorang pemimpin untuk selalu konsisten dalam mengeksekusi tugasnya itulah yang menciptakan ketangguhan sebagai pendiri.

3. Mengomunikasikan ide bisnis dengan lugas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com