Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perundingan antara Rusia-Ukraina Bikin Harga Minyak Dunia Kembali Terkoreksi

Kompas.com - 14/03/2022, 10:49 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga minyak mentah dunia turun pada perdagangan hari ini, Senin (14/3/2022), memperpanjang penurunan di pekan lalu. Minyak dunia kembali turun setelah AS mengatakan Rusia menunjukkan tanda-tanda bersedia melakukan negosiasi substantif terkait Ukraina.

Mengutip data Bloomberg pada pukul 9.30 WIB, harga minyak mentah berjangka Brent turun 2,82 persen menjadi 109,49 dollar AS per barrel, sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun 2,92 persen menjadi ke level 106,14 dollar AS per barrel.

Pasar minyak menjadi sangat bergejolak sejak Rusia melakukan invasi ke Ukraina pada 24 Februari 2022. Harga minyak mentah Brent pada awal pekan lalu sempat melonjak ke level 139 dollar AS per barrel, tapi anjlok 13 persen pada perdagangan Rabu kemarin ke level 111 dollar AS per barrel.

Baca juga: Pengamat: DMO Minyak Sawit Naik Jadi 30 Persen, Harga CPO Bisa Tambah Liar

Harga minyak memang sempat melambung setelah AS mengumumkan pelarangan impor minyak dari Rusia, sebagai bagian dari sanksi terhadap Rusia yang menyerang Ukraina. Inggris pun menyatakan akan menghapus impor minyak dari Rusia pada akhir tahun.

Namun, kekhawatiran semakin ketatnya pasokan minyak global karena embargo tersebut, disambut Uni Emirat Arab (UEA) dengan menyatakan berencana meningkatkan produksi minyak mentahnya guna memenuhi kekosongan pasokan dari Rusia.

Selain itu, UEA Juga akan mendorong negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Negara Pengekspor Minyak atau OPEC untuk melakukan langkah serupa. Respons UEA itu membuat harga minyak mentah dunia anjlok seketika.

Setelah itu, tren harga minyak dunia masih menunjukkan penurunan. Terlebih ketika Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dalam sebuah pertemuan, bahwa negaranya akan terus memenuhi kewajiban kontraknya pada pasokan energi.

Baca juga: Tarif PPN Jadi 11 Persen Mulai 1 April, Siap-siap Harga Pulsa Bakal Naik

Pernyataan Putin itu membuat harga minyak turun hingga 2 persen pada perdagangan Jumat pekan lalu. Rusia merupakan pengekspor minyak mentah terbesar kedua di dunia dengan berkontribusi 7 persen dari total minyak global dan pemasok sepertiga gas Eropa.

Kini, harga minyak mentah dunia kembali turun mendekati 3 persen setelah pada hari Minggu kemarin, Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman mengatakan, bahwa Rusia menunjukkan tanda-tanda mungkin bersedia untuk melakukan negosiasi substantif mengenai Ukraina.

Menurut pernyataan Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov pada Minggu (13/3/2022), perundingan mengenai Rusia dan Ukraina akan berlanjut pada hari Senin. Penasihat Presiden Ukraina Oleksiy Arestovych pun mengatakan Ukraina dan Rusia secara aktif melakukan pembicaraan.

Baca juga: Ada Logo Halal Baru, Produk dengan Label Halal MUI Masih Boleh Beredar?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com