Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

400 ASN Dapat Bimbingan Teknis terkait Penetapan Spesifikasi Kain Seragam Dinas

Kompas.com - 14/03/2022, 15:33 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis bagi 400 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berasal dari Sabang sampai Merauke, terkait teknik penetapan spesifikasi kain untuk pakaian seragam dinas.

Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan kedaulatan sandang nasional, untuk senantiasa menggunakan produk-produk terbaik hasil karya anak bangsa, serta sebagai buffer ekonomi terhadap dampak pandemi Covid-19.

"Salah satu bentuk dukungan nyata Kemenperin di antaranya melalui optimalisasi program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), penyiapan kawasan industri terpadu Apparel Park, serta pengembangan material center dan platform digital Indonesian Smart Textile Industry Hub (ISTIH)," ujar Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri Kemenperin Doddy Rahadi melalui keterangan tertulis, Senin (14/3/2022).

Baca juga: Agen Asuransi Berlisensi Turun, PAAI: Ada Agen yang Sulit Beradaptasi

Terkait program P3DN, Doddy menjelaskan, adanya pemberlakuan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) pada setiap produk khususnya dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah, akan membawa dampak besar terhadap tumbuhnya roda perekonomian di dalam negeri.

Sementara itu, lanjut dia, pada sisi standardisasi dan spesifikasi teknis dari produk kain untuk seragam, dapat disesuaikan dengan fungsi maupun kondisi lingkungan pekerjaannya. Salah satu acuan mutu yang dapat digunakan adalah Standar Nasional Indonesia (SNI).

"Setiap unit kerja Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) yang tersebar di Indonesia, kami dorong agar selalu dapat memberikan layanan solutif dan profesional baik bagi industri maupun masyarakat, " kata Doddy.

"Yang terkait dengan produk tekstil, silakan manfaatkan layanan jasa industri di BBSPJIT. Selain letaknya yang strategis, terdapat fasilitas laboratorium penguji yang terjamin keakuratannya, Lembaga Sertifikasi Produk, serta SDM yang kompeten di bidang tekstil," sambungnya.

Baca juga: Kabar Gembira, Bantuan Rp 600.000 untuk Nelayan Mulai Disalurkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com