Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Grace Tahir, "The Real Crazy Rich" yang Sindir Indra Kenz

Kompas.com - 15/03/2022, 07:34 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber Forbes

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini jagat maya dihebohkan dengan video viral berisi sindiran yang diunggah oleh Grace Tahir. Grace merupakan anak konglomerat dari keluarga Tahir yang menjadi pemilik Mayapada Group.

Adapun Indra Kenz merupakan tersangka dugaan kasus penipuan pada investasi binary option melalui aplikasi Binomo. Kasus ini mencuat setelah korban bernama Maru Nazara melalui YouTube mengaku tertipu hingga mengalami kerugian Rp 540 juta.

Dalam video tersebut, Grace memperagakan gaya Indra Kenz di dalam sebuah jet pribadi. Video itu juga menunjukkan aksi Grace menghambur-hamburkan uang seperti yang sempat dilakukan oleh Indra Kenz.

Baca juga: Grup Tahir Batal Beli Saham Perusahaan Benny Tjokro

Lalu, siapa sebenarnya sosok Grace Tahir?

Grace merupakan anak kedua dari pasangan Dato Sri Tahir dan Rosy Riady. Adapun Rosy adalah anak dari Mochtar Riady, pendiri Lippo Group.

Grace lahir pada 6 Maret 1976. Dia memiliki tiga saudara, yakni Jane Tahir, Victoria Tahir, dan Jonathan Tahir.

Baca juga: Profil Grace Tahir, Ayahnya Orang Terkaya RI Pendiri Mayapada Group, Ibu dari Keluarga Lippo Group

Grace dikenal sebagai pengusaha berdarah Tionghoa dan Indonesia, sekaligus menjabat sebagai direktur Mayapada Hospital. Grace juga merupakan CEO Medico serta pendiri dokter.id.

Dia pun merangkap jabatan di perusahaan keluarganya, seperti Komisaris Utama Maha Properti Indonesia, sekaligus Direktur Philips Indonesia.

Baca juga: Apakah Uang Korban Indra Kenz dan Doni Salmanan Bisa Kembali? Ini Kata Kabareskrim

Grace memperoleh gelar master di Universitas California, Amerika Serikat.

Bedasarkan Forbes, ayah Grace, Dato Sri Tahir, sempat menduduki posisi ke-16 sebagai Indonesia's 50 Richest pada 2021. Di tahun yang sama, dia juga menduduki posisi ke–925 dalam deretan orang terkaya di dunia.

Baca juga: Apa Itu Binary Option? yang Membuat Crazy Rich Indra Kenz Terancam 20 Tahun Penjara

Saat ini, kekayaan Dato Sri Tahir mencapai 2,6 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 37,2 triliun (kurs Rp 14.332 per dollar AS).

Keluarga Tahir merupakan konglomerat di bidang perbankan, perawatan kesehatan, dan real estat. Bahkan, keluarga tersebut juga memiliki saham di Bank Mayapada dan Maha Properti Indonesia.

Selain itu, keluarga Grace memiliki properti di Singapura, termasuk melalui perusahaan properti terdaftar MYP. Dato pun menjadi salah satu pemegang lisensi yang menerbitkan Forbes Indonesia.

Baca juga: Bukan Doni Salmanan dan Indra Kenz, Ini 10 Crazy Rich Sesungguhnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com