Kompas.com - 15/03/2022, 18:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah mengumumkan akan membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 24 pekan ini. Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 24 rencananya akan dibuka pada Kamis (17/3/2022) pukul 10.30 WIB.

Bagi Anda yang tertarik, simak beberapa persyaratan dan cara daftar Prakerja secara online berikut ini. Proses pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 24 bisa dilakukan melalui situs resmi https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.

Sementara bagi yang sudah memiliki akun Prakerja, nantinya hanya tinggal klik gabung dan mengikuti seleksi saat program Kartu Prakerja gelombang 24 dibuka.

Adapun jumlah peserta yang diterima untuk Kartu Prakerja gelombang 24 terbatas. Jumlahnya hanya 300.000 peserta. Setelah itu, gelombang selanjutnya program Kartu Prakerja akan dibuka kembali.

Baca juga: Ini Langkah Kemenaker Tekan Angka Pengangguran Nasional Tahun Ini

"Terkait Kartu Prakerja gelombang 23 kemarin sudah dimulai dan akan segera dimulai gelombang ke-24 yang ditargetkan untuk 300.000," jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam konferensi pers PPKM, Senin (14/3/2022).

Meski jumlah penerima berkurang, namun pemerintah tetap memberikan insentif yang sama. Yakni Rp 2,4 juta atau Rp 600.000 yang diberi selama 4 bulan.

Program Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Adapun penerima Kartu Prakerja adalah pemegang Kartu Prakerja yang sah atau pihak yang telah lulus tes dan seleksi gelombang dan menerima persetujuan bantuan pelatihan untuk dipergunakan membeli atau membayar pelatihan.

Baca juga: Rajawali Nusindo Telah Mendistribusikan 7,2 Juta Liter Minyak Goreng

Nantinya, mereka yang dinyatakan lulus program ini akan mendapat bantuan pelatihan, yakni bantuan dalam bentuk saldo nontunai pada Platform Digital untuk digunakan Penerima Kartu Prakerja untuk mengikuti pelatihan.

Pelatihan yang dimaksud antara lain keseluruhan kegiatan untuk memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu, yang diselenggarakan oleh penyelenggara pelatihan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.