KILAS

Mau Buka Bisnis SPBU Shell lewat Program Mitra Dealer? Berikut Langkah dan Syaratnya

Kompas.com - 15/03/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Shell Indonesia melalui program Kemitraan Dealer SPBU Shell membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin memiliki dan mengoperasikan bisnis stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Melalui program kemitraan tersebut, Shell Indonesia menyatakan siap untuk menjadi mitra bisnis yang memberikan beragam dukungan. Salah satu dukungan ini berupa proses pembangunan SPBU Shell yang dilakukan secara transparan tanpa ada biaya tambahan untuk calon mitra.

Sebagai perusahaan minyak dan gas multinasional, Shell menawarkan dua dua jenis SPBU kepada para mitra, yaitu SPBU Shell Konvensional untuk kota besar dan SPBU Shell Modular yang dikhususkan bagi kota lapis kedua.

Adapun biaya investasi untuk membangun SPBU Konvensional sekitar Rp 5 miliar hingga Rp 7 miliar, sedangkan SPBU Modular dipatok seharga Rp 1,5 miliar hingga Rp 2 miliar.

Baca juga: Pilih Bisnis SPBU sebagai Retailer atau Dealer? Simak Penjelasan dan Peluangnya Berikut

Selain modal, ada lima hal penting yang harus diperhatikan untuk mewujudkan impian calon mitra dalam berbisnis SPBU Shell. Berikut ulasannya, dikutip dari Shell.co.id.

1. Ketersediaan lahan dan kepemilikan badan usaha

Langkah pertama untuk mendirikan SPBU Shell adalah memiliki lahan dengan minimal luas 1.000 meter persegi (m2) dan lebar minimal 25 meter (m).

Tak hanya lahan, calon mitra juga wajib memiliki badan usaha dalam bentuk perseroan terbatas (PT), commanditaire vennootschap (CV) atau koperasi.

Untuk diketahui, area pengembangan yang diprioritaskan Shell Indonesia saat ini adalah Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, Banten, Jawa Barat (Jabar), Jawa Timur (Jatim), dan Sumatera Utara (Sumut).

Selain daerah prioritas, Shell melalui produk SPBU Shell Modular juga menyasar daerah atau kota lapis kedua dalam area pengembangan.

Baca juga: Minat Menjadi Pengusaha SPBU Shell Modular? Siapkan Dana Segini

2. Analisa kelayakan bisnis dan dukungan Shell

Apabila calon mitra telah memiliki lahan, maka proses selanjutnya adalah survei dan analisa yang dilakukan oleh tim Shell.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.