DPR: "PR" DK OJK di Periode Mendatang Adalah Sektor Non Bank

Kompas.com - 15/03/2022, 19:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Perwaikilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia dijadwalkan untuk memilih Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) setelah presiden mengajukan calonnya.

Seperti diketahui, Panitia Seleksi Calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (Pansel DK OJK) telah mengumumkan 21 nama calon kepada Presiden Jokowi.

Anggota DPR Komisi XI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Fathan mengaku optimis, jajaran DK OJK yang baru mampu menghadapi tantangan industri keuangan.

Baca juga: Dari Wamenlu hingga Mantan Dirut Bursa Efek, Ini Daftar Calon Bos OJK

"Yang jadi poin penting dalam kinerja DK OJK ke depan adalah sektor Industri Keuangan Non Bank," kata dia pada diskusi Selasa (15/3/2022).

Ia menambahkan, dalam masa pengabdian DK OJK yang terakhir banyak catatan yang diberikan oleh Komisi XI DPR RI.

"Beberapa isu yang mencuat ke publik seperti Jiwasraya, Bumiputra, Asabri dan beberapa investasi lain seperti Kresna, Narada, Minna Padi sampai hari ini belum selesai tuntas. Namun, kami melihat itikad untuk penyelesaiannya," jelas dia.

Untuk itu, ia berharap kepemimpinan di dalam OJK perlu meningkatkan kekompakan. Ia menegaskan, OJK belum merasa menjadi regulator tunggal dan masih melemparkan pada regulator yang lain.

Dengan nama-nama yang telah disetor ke presiden, ia percaya OJK ke depan akan tetap mengembangkan industri keuangan dan melindung konsumen. Dengan demikian, ia yakin industri keuangan juga akan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga: Darwin Cyril Noerhadi Masuk Calon Bos OJK, Ini Profilnya

Ia menginformasikan, DPR sedang menyiapkan undang-undang reformasi keuangan yang juga akan menyentuh tugas pokok dan fungsi (tupoksi) OJK. DPR sedang mengkaji apakah perlu adanya badan pengawas dan kamar-kamar yang sentralistik. Menurut dia pada saat ini, OJK masih terpisah oleh sekat-sekat tugas.

Ia bilang, ke depan OJK perlu sosok pemimpin yang kuat, sehingga indutri yakin peta jalan industri keuangan sudah pada jalan yang benar. Dengan demikian, menurut dia investor akan lebih yakin untuk menanamkan modal di Indonesia.

"Kami berharap OJK ke depan menjadi tim yang tangguh, kepemimpinan yang kuat dan mampu mengatasi setiap tantangan," tutup dia.

Baca juga: Profil Iskandar Simorangkir, Kandidat Calon Ketua DK OJK Periode 2022-2027

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.