GoTo Bidik Dana Hingga Rp 17,99 Triliun di IPO, Untuk Apa Saja?

Kompas.com - 16/03/2022, 10:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk membidik dana hingga Rp 17,99 triliun di masa penawaran saham perdananya. Dana ini akan digunakan untuk apa saja?

Penawaran saham perdana dimulai sejak Selasa (15/3/2022) hingga 21 Maret nanti. Sementara penawaran umum dijadwalkan pada 29-31 Maret mendatang.

Kemudian, GoTo menargetkan mendapatkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 25 Maret dan mulai memperdagangkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada 4 April.

Baca juga: Menakar Prospek Cuan Saham IPO GoTo, Simak Rekomendasi Analis

GoTo akan melepas sebanyak-banyaknya 52 miliar saham seri A yang merupakan saham baru. Jumlah tersebut setara dengan 4,35 persen saham GoTo.

Saham GoTo tersebut akan ditawarkan kepada masyarakat dengan harga penawaran Rp 316-346 per saham melalui sistem e-IPO.

Berdasarkan prospektus awal GoTo yang diterbitkan Selasa (15/3/2022), GoTo akan menggunakan dana dari penawaran umum perdana saham untuk modal kerja dan meningkatkan penyertaan pada perusahaan anak untuk modal kerja.

"Seluruh dana hasil Penawaran Umum Perdana Saham, setelah dikurangi dengan biaya emisi, akan digunakan oleh Emiten untuk modal kerja," tulis perusahaan di Prospektus Awal GoTo, dikutip Rabu (16/3/2022).

Anak perusahaan GoTo akan akan menggunakan modal kerja tersebut untuk mendukung strategi perkembangan perusahaan melalui berbagai inisiatif, misalnya seperti akuisisi pelanggan, penjualan dan pemasaran, pengembangan produk, dan beban operasional.

Baca juga: IPO GoTo Lama Dinanti, Akankah Sahamnya Diburu Investor?

GoTo akan melakukan peningkatan penyertaan pada Tokopedia, PT DAB, PT MAB, VDIGI SG Ltd., dan Go Viet Ltd. secara bertahap.

Berikut rincian alokasi dana dari penawaran umum perdana saham GoTo:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.