Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emil Salim: Energi Hijau Menghendaki Industri Berusaha tanpa Merusak Alam...

Kompas.com - 16/03/2022, 23:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Semakin majunya teknologi membuat pencemaran lingkungan semakin bertambah diakibatkan dari sektor industri.

Oleh karenanya, Ekonom Senior sekaligus Tokoh Lingkungan Hidup Emil Salim mengatakan, sektor industri harus mulai melakukan produksi sekaligus memperhatikan lingkungan dengan menggunakan teknologi yang ada.

"Jadi energi hijau menghendaki industri berusaha tanpa merusak alam, tanpa mencemari alam, dengan teknik teknologi mengendalikan alam," ujarnya dalam webinar Kompas Talks bersama Greenpeace “Transisi Menuju Ekonomi Hijau: Praktik dan Eksplorasi”, Rabu (16/3/2022).

Baca juga: Melalui PNRE, Ini Strategi Pertamina Kembangkan Energi Hijau

Menurutnya, selama ini setiap industri tidak hanya memproduksi barang tetapi juga memproduksi pencemaran lingkungan dengan menghasilkan karbondioksida.

Padahal ada teknologi bernama carbon capture storage (CCS) yang dapat menangkap dan menyimpan karbondioksida yang dihasilkan oleh pabrik-pabrik.

Baca juga: CCS, Teknologi Tepat Hadapi Susutnya Cadangan Minyak Dunia

Namun, teknologi tersebut memang membuat pelaku industri harus merogoh kocek lebih dalam sehingga tentunya tidak dilakukan oleh para pengusaha yang lebih mementingkan menghemat pengeluaran.

"Karena menghemat, maka pengusaha tidak lakukan hal itu. Periksa tiap-tiap perusahaan selalu membuang kotorannya ke sungai, ke udara dari pabrik. Tidak mengindahkan dampaknya pada masyarakat," ucapnya.

Baca juga: G20 dan Upaya Pemerintah Dorong Energi Hijau Lewat Kendaraan Listrik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com