Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Hadir di Medan, Kampus UMKM Shopee Targetkan Perluasan Pasar Pelaku UMKM Lokal

Kompas.com - 17/03/2022, 17:05 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Anissa DW

Tim Redaksi

KOMPAS.comShopee bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Medan meresmikan kehadiran Kampus Usaha Mikro Kecil dan Menengah  (UMKM) di Jalan Bambu 2 nomor 80, Kelurahan Durian, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (17/3/2022).

Keberadaan Kampus UMKM Shopee tersebut merupakan yang pertama di Pulau Sumatera dan yang ke-6 di Indonesia.

Adapun Kampus UMKM Shopee hadir untuk memberikan solusi komprehensif dari hulu ke hilir sekaligus untuk mendorong ekspansi bisnis bagi para pelaku UMKM di Medan dan sekitarnya. 

Selain itu, kehadiran kampus ini juga diharapkan dapat mempermudah akses peningkatan keterampilan digital UMKM lokal.

Baca juga: Nyaris Gulung Tikar, Pelaku UMKM Asal Solo Ini Berhasil Bangkit Bersama Kampus UMKM Shopee

Dengan begitu, mereka bisa memperluas jangkauan pasar ke seluruh Indonesia melalui ekosistem pasar yang modern.

Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengatakan, saat ini, pelaku UMKM di Kota Medan membutuhkan perhatian khusus. Utamanya, terkait tata cara pengemasan dan promosi agar produk yang dihasilkan dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Oleh karena itu, Bobby berharap Shopee dapat menampung dan memberikan edukasi bagi pelaku UMKM yang telah atau akan membuat produk.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Shopee. Mudah-mudahan kegiatan ini diberkahi dan diridai sehingga kebaikan yang kita lakukan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Medan sekaligus meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Baca juga: Kini Kampus UMKM Shopee Hadir di Jakarta

Sementara itu, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto mengatakan, keberadaan Kampus UMKM Shopee merupakan bagian dari komitmen #ShopeeAdauntukUMKM, khususnya di Pulau Sumatera.

“Era digital membawa tantangan tersendiri bagi UMKM Indonesia, termasuk di Kota Medan. Oleh karena itu, Kampus UMKM Shopee hadir membawa solusi dengan mendorong para pelaku UMKM di Medan dan sekitarnya, melalui sosialisasi, edukasi, pelatihan, dan pendampingan untuk dapat menghadapi tantangan di era digital,” jelas Christin.

Dalam jangka panjang, tambah Christin, kehadiran Kampus UMKM Shopee diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM untuk lebih memahami dan merasakan manfaat digitalisasi.

“Dengan begitu, para pelaku UMKM dapat mengembangkan bisnis mereka secara optimal melalui ekosistem digital bersama kami,” ucap Christin.

Fasilitas dan layanan kampus

Demi mendukung peningkatan kualitas, Kampus UMKM Shopee telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan layanan untuk pelatihan serta pendampingan UMKM lokal.

Adapun seluruh fasilitas dan layanan tersebut tersedia gratis dan dapat digunakan untuk kepentingan belajar bagi para pelaku UMKM.

Salah satu layanan yang tersedia pada Kampus UMKM Shopee adalah Edukasi bagi UMKM. Untuk mengakses layanan ini, pelaku UMKM harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu agar bisa mengikuti berbagai kelas yang akan diberikan oleh trainer Shopee terdedikasi.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto menunjukkan salah satu fasilitas di Kampus UMKM Shopee Medan yakni Pojok Foto yang bisa digunakan UMKM untuk mengambil foto produk secara cuma-cumaDok. Shopee Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto menunjukkan salah satu fasilitas di Kampus UMKM Shopee Medan yakni Pojok Foto yang bisa digunakan UMKM untuk mengambil foto produk secara cuma-cuma

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com