Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelombang 24 Kartu Prakerja Telah Dibuka, Simak Cara Daftarnya

Kompas.com - 18/03/2022, 08:24 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf Kepresiden Moeldoko yang Wakil Ketua Komite Cipta Kerja menganalogikan, ibarat bayi, usia Program Kartu Prakerja ini masih sangat belia.

Analogi tersebut ia sampaikan ketika membuka secara resmi Gelombang 24 program Kartu Prakerja di Bengkulu, Kamis (17/3/2022). Moeldoko menjelaskan, Prakerja tak hanya menyediakan aneka pelatihan tapi juga menghubungkan dengan aneka lowongan kerja yang sedang dibuka di seluruh Indonesia.

"Kamis, 17 Maret 2022, dengan ini, saya nyatakan Gelombang 24 Program Kartu Prakerja resmi dibuka," tuturnya melalui keterangan tertulis, dikutip Jumat (18/3/2022).

Baca juga: Mau Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 24? Ini Rahasianya

"Namun, meski sangat dini, capaian prestasi program sangat tinggi, terutama dalam membawa misi ganda dan inklusif, yakni meningkatkan kompetensi melalui pelatihan, menghubungkan supply dengan demand, serta menyalurkan bantuan untuk menopang daya beli," lanjut Moeldoko.

Dalam kesempatan itu, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menuturkan, sejak peluncuran Gelombang I, Kartu Prakerja menjangkau 186.287 penerima manfaat dari 10 kabupaten dan kota di provinsi berjuluk Bumi Rafflesia ini.

Baca juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 24 Sudah Dibuka, Cek www.prakerja.go.id

Bidang penjualan pemasaran, gaya hidup, makanan dan Minuman, manajemen serta perkantoran menjadi kategori pelatihan yang paling diminati peserta Prakerja di Bengkulu. Hingga pertengahan Maret 2022, total Rp 459 milar insentif telah disalurkan kepada penerima Kartu Prakerja di Provinsi Bengkulu.

"Program ini juga dianggap tepat sasaran karena 72 persen peserta dari Bengkulu melampirkan sertifikat pelatihan Prakerja saat melamar kerja, 30 persen peserta yang menganggur sebelum mengikuti program telah bekerja atau berwirausaha," ucap Denni.

Karena Gelombang 24 Kartu Prakerja telah dibuka, maka masyarakat yang ingin mendapatkan manfaat dari program ini terlebih dahulu harus melakukan proses pendaftaran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com