Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lonjakan Penumpang Menuju Mandalika Diprediksi Terjadi Jumat hingga Minggu

Kompas.com - 18/03/2022, 16:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi lonjakan penumpang ke Mandalika, Lombok terjadi hari hingga Minggu (20/3/2022).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, diperkirakan sekitar 65 ribu orang lebih akan menuju ke Mandalika untuk menyaksikan perhelatan MotoGP yang balapannya akan berlangsung pada Minggu mendatang.

Para penonton sudah mulai hadir sejak hari ini Jumat dan Sabtu besok untuk menyaksikan sesi latihan bebas.

Baca juga: Ada MotoGP, Lonjakan Penumpang di Bandara Lombok Mencapai 134 Persen

"Puncak pergerakan penumpang yang akan menuju ke Mandalika untuk menyaksikan perhelatan MotoGP diprediksi terjadi mulai hari ini hingga Minggu mendatang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (18/3/2022).

Oleh karenanya, Menhub melakukan kunjungan kerja ke Mandalika untuk mengecek sarana dan prasarana transpotasi dan memastikan konektivitas transportasi dari dan ke Mandalika berjalan lancar.

"Kami memastikan pergerakan dari dan menuju ke Lombok dan Mandalika maupun pergerakan lalu lintas di sekitar kawasan Sirkuit berjalan dengan lancar. Masa kritikal adalah hari ini hingga Minggu besok," ujarnya

Pada sektor udara diperkirakan ada sekitar 100 penerbangan di masa puncak ini. Kemenhub melakukan antisipasi lonjakan penumpang di berbagai bandara.

Baca juga: Sambut MotoGP Mandalika, Garuda Indonesia-Citilink Siapkan 236 Penerbangan ke Lombok

Tidak hanya Bandara Internasional Lombok, Kemenhub juga mempersiapkan Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta, Bandara Internasional Juanda Surabaya, Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, dan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

"Kita memberikan pergerakan khusus terutama di tiga hari ke depan," kata dia.

Sementara pada sektor laut, Menhub telah menyiagakan kapal-kapal untuk menampung penumpang yang menggunakan transportasi laut dari dan ke Mandalika.

Kemudian di sektor darat, Menhub memastikan bus-bus yang sudah disediakan dapat melayani dengan baik pergerakan dari dan menuju lokasi Sirkuit Mandalika, serta manajemen rekayasa lalu lintas yang dilakukan bersama Kepolisian berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan kemacetan di sektiar area Sirkuit.

Pada kunjungannya ke Mandalika, Menhub mengecek sejumlah fasilitas, diantaranya yaitu di Bandara Internasional Lombok, kawasan Sirkuit Mandalika untuk mengecek sarana transportasi bus shuttle, dan juga meninjau Pelabuhan Gili Mas untuk mengecek fasilitas terminal penumpang dan juga Kapal KM Kelud yang menjadi tempat akomodasi terapung bagi para penonton MotoGP yang tidak mendapatkan hotel.

Menhub juga melakukan rapat koordinasi bersama Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Hadi Tjahjanto dan meninjau Command Center yang berada di area Sirkuit Mandalika.

"Melalui perhelatan MotoGP di Mandalika, diharapkan dampak yang signifikan bagi pemulihan pariwisata nasional dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah maupun nasional," tutur dia.

Baca juga: Kemenhub Siapkan Tempat Tidur Gratis untuk Penonton MotoGP Mandalika

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com