Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 4 Perusahaan Pemenang Lelang 4 Wilayah Kerja Migas

Kompas.com - 18/03/2022, 18:51 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi mengumumkan pemenang lelang penawaran langsung wilayah kerja migas tahap II tahun 2021. Lelang telah berlangsung dari 29 November 2021 hingga 11 Januari 2022.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan, ada 4 WK migas yang ditawarkan dalam skema lelang penawaran langsung yaitu North Ketapang, Agung I, Agung II, dan Bertak Pijar Puyuh

"Berdasarkan hasil penilaian tim penawaran wilayah kerja migas yang hasilnya telah disampaikan kepada kami dan dilaporkan kepada Menteri ESDM, telah ditetapkan pemenang lelang penawaran langsung pada empat wilayah kerja," ujar Tutuka dalam konferensi pers, Jumat (18/3/2022).

Baca juga: ADB Siap Bantu RI Bangun IKN Nusantara

Secara rinci, pemenang untuk wilayah kerja migas North Ketapang adalah PC Ketapang II Ltd dengan signature bonus 500.000 dollar AS. PC Ketapang II Ltd akan melakukan komitmen pasti selama 3 tahun senilai 8,14 juta dollar AS.

Nilai itu terdiri dari kebutuhan untuk kegiatan G&G study sebesar 1 juta dollar AS, multiclient uplift fee seismic 3D 262 kilometer persegi 750.000 dollar AS, dan akuisisi data seismic 3D 300 kilometer persegi sebesar 6.390.000 dollar AS.

Kemudian untuk wilayah kerja migas Agung I dimenangkan oleh BP Exploration Indonesia Limited dengan signature bonus 100.000 dollar AS. Adapun BP Exploration memiliki komitmen pasti selama 3 tahun senilai 2,5 juta dollar AS.

Terdiri dari kebutuhan untuk kegiatan G&G study sebesar 500.000 dollar ASdan seismik dua dimensi seluas 2.000 kilometer persegi sebesar 2 juta dolar AS.

Lalu pemenang wilayah kerja migas Agung II adalah BP West Papua I Limited dengan sgnature bonus sebesar 100.000 dollar AS. BP West Papua I Limited memiliki komitmen pasti selama 3 tahun senilai 1,5 juta dolar AS.

Baca juga: Harga Pangan Melesat, Tarif PPN Tetap Naik Mulai Bulan Depan

Nilai itu terdiri dari kebutuhan untuk kegiatan G&G study sebesar 500.000 dollar AS dan seismik dua dimensi seluas 2.000 kilometer dengan anggaran 1 juta dollar AS.

Sedangkan wilayah kerja migas Bertak Pijar Puyuh dimenangkan oleh PT Mitra Multi Karya dengan signature bonus sebesar 500.000 dollar AS. Mitra Multi Karya memiliki komitmen pasti selama 2 tahun senilai 2 juta dollar AS dengan kegiatan workover delapan sumur.

"Jumlah total investasi komitmen pasti dari 4 WK tersebut adalah sebesar 14,14 juta dollar AS dan bonus tanda tangan sebesar 1,20 juta dollar AS," kata Tutuka.

Ia mejelaskan, tahap selanjutkan pemerintah akan mengirimkan surat pemberitahuan pemenang secara resmi. Sedangkan pemenang lelang wajib menyampaikan surat kesanggupan penetapan sebagai pemenang dalam waktu 14 hari kerja sejak surat pemberitahuan diterima.

Lebih lanjut, Tutuka mengatakan, sesuai ketentuan Peraturan Menteri ESDM Nomor 35 Tahun 2021 penandatanganan kontrak kerja sama dilaksanakan paling lama 60 hari kalender sejak pengumuman pemenang hari ini.

"Untuk itu kami harapkan para pemenang lelang dapat segera mempersiapkan dokumen persyaratan penandatanganan KKS kontrak kerjasama yang dibutuhkan," pungkas dia.

Baca juga: Menko Airlangga: Pendekatan Penanganan Covid-19 yang Diambil RI Memang Beda dari Negara Lain

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com