Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Raih Gelar Profesor Kehormatan Unhas, Mentan SYL Banjir Ucapan Selamat

Kompas.com - 18/03/2022, 20:37 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.comMenteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) berhasil meraih gelar Profesor Kehormatan dalam Bidang Hukum Tata Negara dan Pemerintahan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas).

“Para mahasiswa akan mendapatkan sumber ilmu yang bervariasi dari seorang pakar keilmuan yang kaya akan prestasi, pandai berorasi serta menguasai best practices,” ungkap Rektor Unhas Dwia Aries, dikutip dari keterangan pers resminya, Jumat (18/03/2022).

Pernyataan itu disampaikan Dwia dalam pidatonya pada acara pengukuhan Mentan SYL sebagai Profesor Kehormatan Unhas beberapa waktu lalu.

Menanggapi kabar tersebut, sejumlah menteri, gubernur, rektor, hingga tokoh lembaga nasional dan internasional beramai-ramai menyampaikan ucapan selamat kepada Mentan SYL.

Baca juga: Mentan SYL Ajak Masyarakat Gowa Jaga Sektor Pertanian Karena Jadi Penopang Ekonomi di Masa Pandemi

Adapun tokoh yang mengucapkan selamat, di antaranya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Jhonny Gerard Plate, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edi Rahmayadi, sampai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

“Sebagai senior dengan pengalaman di pemerintahan dan tata hukum yang begitu hebat, beliau tetap dikenal rendah hati. Kontribusinya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, maka pantas mendapatkan gelar profesor kehormatan,” ucap Ganjar Pranowo.

Selain dari jejeran para pemimpin daerah dan nasional, Kepala Perwakilan Food and Agriculture Organization (FAO) Rajendra Aryal turut mengucapkan selamat kepada SYL.

“Selamat atas pencapaian Profesor Honoris Causa Syahrul Yasin Limpo di bidang hukum tata negara. Semoga pengetahuan dan kepemimpinan yang kuat ini membawa pertanian Indonesia semakin didepan dan menjadi sektor yang kuat dan berjaya,” ujar Rajendra Aryal.

Baca juga: Mentan SYL Raih Gelar Profesor Kehormatan Unhas, Berikut Penjelasan Rektor

Di samping itu, Perwakilan International Fund for Agricultural Development (IFAD) Ivan Cossio Cortes turut mendoakan Menteri SYL atas pencapaian gelar yang diterima dari Unhas.

“Saya menyampaikan selamat kepada Bapak Syahrul Yasin Limpo atas gelar profesor kehormatan di bidang hukum dari Unhas. Saya berdoa yang terbaik untuk Pak Menteri,” ungkap Ivan Cossio.

Tak hanya itu, beberapa duta besar (dubes) luar negeri juga turut mengucapkan selamat bagi Mentan SYL.

Mulai dari Dubes Kolombia Juan Camilo Valencia, Dubes Prancis Olivier Chambard, Dubes India Manoj Kumar Bharti, Dubes Denmark Lars Bo Larsen serta Dubes Turki Askin Asan.

“Selamat malam, Menteri SYL. Saya dengan tulus menyampaikan apresiasi untuk undangan sebagai bagian dari perayaan penting ini. Secara terhormat mewakili Pemerintahan Kolombia menyampaikan ucapan selamat kami atas pengukuhan Anda sebagai profesor kehormatan di bidang hukum dari Unhas,” kata Dubes Kolombia Juan Camilo.

“Selamat kepada Mentan SYL atas pengukuhannya sebagai profesor honoris causa Unhas,” ucap Dubes France Olivier Chambard.

Baca juga: Lewat Program UPPO di Serang, SYL Ingin Petani Hasilkan Pupuk Organik secara Mandiri

“Selamat Menteri SYL atas pengukuhannya sebagai profesor honoris causa Unhas Makassar. Saya harus sampaikan bahwa pencapaian Anda luar biasa. Semoga ini menjadi batu loncatan untuk upaya pada masa depan, terima kasih,” ucap Dubes India Manoj Kumar.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com