Cara Buka Deposito BCA secara Online dengan Mudah, Bisa dari Rumah

Kompas.com - 18/03/2022, 21:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comDeposito adalah simpanan yang pencairannya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu dan syarat-syarat tertentu. Saat ini, pembukaan rekening deposito bisa dilakukan secara online.

Salah satu bank yang menyediakan layanan pembukaan rekening deposito secara online adalah bank BCA. Dengan demikian, nasabah BCA yang ingin membuka rekening deposito tidak perlu lagi datang ke kantor cabang.

Cukup duduk di rumah, proses pembukaan rekening deposito BCA dapat dilakukan dengan mudah. Lantas, bagaimana cara membuka rekening deposito BCA secara online?

Bagi Anda yang tertarik membuka rekening deposito BCA secara online, bisa memanfaatkan fitur e-deposito di aplikasi myBCA atau melalui website di https://mybca.bca.co.id.

Baca juga: Raih Gelar Profesor Kehormatan Unhas, Mentan SYL Banjir Ucapan Selamat

Dikutip dari laman resmi BCA, e-Deposito adalah adalah rekening deposito yang pembukaan dan pencairan rekening depositonya dapat dilakukan secara online melalui sebuah platform digital.

Keunggulan fitur e-Deposito

  • Nasabah bisa bertransaksi dimanapun dan kapanpun tanpa harus datang ke kantor cabang. Cukup dari digital platform myBCA yang bisa Anda akses dari aplikasi mobile atau website, selama hari kerja, dan jam kerja: 07:00 - 20:30 WIB.
  • Praktis karena buka deposito bisa di fitur Deposito dari Digital Platform myBCA. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika bilyet Deposito hilang, karena e-Deposito tanpa bilyet. Paperless.
  • Aman. Setiap pencairan akan langsung ditujukan ke rekening sumber dana. Setiap pembukaan dan pencairan akan mendapat notifikasi via email yang Anda daftarkan. e-Deposito dipastikan aman karena berada dalam jaminan LPS.

Baca juga: Apa Itu Devisa: Definisi, Fungsi, Manfaat, Contoh, dan Sumbernya

  • Fleksibel. Jangka waktunya bisa dipilih sendiri, bisa 1, 3, 6, atau 12 bulan. Selain itu, bisa juga memilih metode perpanjangan.

Jika dana pokoknya saja diperpanjang, otomatis dengan jangka waktu yang sama, dan bunganya ditransfer ke rekening Anda, namanya e-Deposito ARO. Jika nilai pokok serta bunganya didepositokan kembali, namanya e-Deposito ARO Plus.

Sebagai catatan, jika terpaksa benar-benar butuh, sebelum jatuh tempo bisa dicairkan juga. Namun, akan ada denda penaltinya bagi nasabah.

Cara buka deposito BCA secara online dengan mudah lewat aplikasi myBCAbca.co.ic Cara buka deposito BCA secara online dengan mudah lewat aplikasi myBCA

Cara membuka deposito BCA di aplikasi myBCA

Adapun cara membuka deposito BCA lewat myBCA cukup mudah. Nasabah bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

Baca juga: Jadi Korban Robot Trading dan Binary Option? Hubungi Nomor Ini

  • Log in myBCA
  • Pilih menu Deposito
  • Pilih Pembukaan Rekening
  • Pahami dan centang Persetujuan info Produk e-Deposito
  • Pilih rekening sumber dana, dalam rupiah, mau dari rekening yang mana. Bukan rekening joint account maupun rekening kredit ya. Isi penempatan awal, mau berapa rupiah?
  • Lalu pilih jangka waktu deposito
  • Pilih jenis e-Depositonya: Perpanjang Pokok (ARO) saja atau Perpanjang Pokok plus bunga (ARO Plus)
  • Selanjutnya, akan tampil rekapan e-Deposito yang sudah diisi sebelumnya, lalu melakukan persetujuan syarat dan ketentuan e-Deposito.
  • Terakhir, Verifikasi, silakan input PIN dan akan tampil “Transaksi Berhasil.” Selanjutnya akan mendapat notifikasi yang dikirim via email.
  • Untuk melakukan inquiry dapat dilihat di “Riwayat” maupun menu “Akun saya”. Untuk inquiry e-Deposito di menu “Akun Saya” dapat dilihat di H+1 hari kalender setelah pukul 09.00 WIB.

Cara mencairkan deposito BCA lewat aplikasi myBCA

Proses mencairkan deposito BCA juga terbilang mudah. Namun yang perlu diingat bahwa deposito adalah simpanan dalam jangka waktu tertentu. Jadi suatu saat pasti akan dicairkan, karena jatuh tempo.

Baca juga: Penyesuaian Harga BBM Nonsubsidi Jaga Pasar Domestik dari Kelangkaan Suplai

Jika nasabah ingin memperpanjang deposito BCA, maka harus ingat kapan jatuh temponya. Berikut cara mencairkan deposito BCA di aplikasi myBCA:

  • Pertama, pastikan aplikasi myBCA masih ter-install di ponsel Anda
  • Lakukan log in dan pilih menu Deposito.
  • Pada menu Deposito ada 3 pilihan: Pembukaan Rekening, Status Pencairan dan Informasi Deposito. Klik “Informasi Deposito”.
  • Bila e-Depositonya punya beberapa, pilihlah rekening mana yang akan dicairkan. Klik icon “Cairkan”
  • Bila sudah yakin rekening tersebut yang akan dicairkan. Silakan pilih jenis pencairannya: Pencairan Segera atau Pencairan Saat Jatuh Tempo?
  • Kalau pilih Pencairan Segera, nominal deposito akan segera cair ke rekening pencairan, namun bunga bulan berjalan tidak dibayarkan. Sebagai informasi, Pencairan Segera hanya dapat dilakukan pada hari kerja pada pukul 07:00 hingga 20:30 WIB.
  • Bila pilih pencairan saat jatuh tempo, dana akan dicairkan sesuai tanggal jatuh tempo. Pencairan saat jatuh tempo dapat dilakukan 7x24 jam. Apabila pencairan dilakukan pada tanggal jatuh tempo, maka dapat memilih pencairan segera.
  • Setelah menentukan jenis pencairan, s?lakan klik “lanjut.”
  • Selanjutnya akan akan muncul layar konfirmasi dari pemilihan yang sudah dilakukan sebelumnya. Bila sudah benar dan yakin, klik “Lanjut” dan masukin PIN.
  • Terakhir, dilayar akan muncul transaksi “Berhasil”, jika pencairan segera. Untuk pencairan sesuai jatuh Tempo, muncul bukti transaksi “Dalam Proses” dan akan berubah menjadi berhasil jika sudah jatuh tempo.
  • Jika transaksi berhasil atau gagal, notifikasi transaksi tetap akan muncul di email. Silakan cek email Anda yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Penumpang, AP I Siapkan Penerbangan Tambahan di Bandara Lombok

Cara buka deposito BCA secara online dengan mudah lewat aplikasi myBCAbca.co.id Cara buka deposito BCA secara online dengan mudah lewat aplikasi myBCA

Selain itu, Anda bisa cek juga melalui inquiry status di “Status Pencairan” dalam menu Deposito di aplikasi myBCA atau dapat mengecek saldo di rekening pencairan di myBCA.

Itulah informasi seputar cara membuka deposito BCA secara online melalui aplikasi myBCA dengan mudah. Selain pembukaan, proses pencairan deposito BCA juga bisa dilakukan secara online.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.