Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Metaverse WIR Asia Bakal Listing di BEI, Target Pendanaan Rp 408,9 Miliar

Kompas.com - 19/03/2022, 12:31 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT WIR ASIA Tbk (WIRG) saat ini tengah memasuki periode book building terkait dengan rencana peursahaan untuk melakukan Initial Publik Offering (IPO).

Perusahaan yang berfokus pada pengembangan teknologi Metaverse ini turut menggandenga Himbara seperti, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

WIR Asia bergerak pada sektor pengembangan Metaverse, seperti teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality, dan Artificial Intelligence.

Baca juga: OJK Sebut Potensi Bisnis Metaverse Capai Rp 21.500 Triliun Pada 2030

 

Berdasarkan prospektus, perusahaan berencana melepas sebanyak-banyaknya 2,3 miliar saham biasa atas nama yang mewakili sebanyak-banyaknya 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah Penawaran Umum, yang ditawarkan kepada masyarakat.

Adapun penawarannya berkisar antara Rp 150 sampai dengan Rp 175 per saham. Dengan demikian perusahaan berpotensi meraup dana segar antara Rp 350,5 miliar hingga Rp 408,9 miliar.

Baca juga: Bank Mandiri Masuk Ekosistem Metaverse, Kembangkan Bisnis Digital

Apabila terjadi kelebihan pemesanan pada penjatahan terpusat, Perseroan akan mengeluarkan sebanyak-banyaknya 233,7 juta saham biasa atas nama dengan nilai nominal Rp 5 setiap saham atau mewakili sebanyak-banyaknya 1,96 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah Penawaran Umum.

Atau, dengan asumsi terdapat penerbitan Saham Tambahan karena kelebihan pemesanan pada penjatahan terpusat.

Baca juga: BRI Bakal Luncurkan Cabang Virtual di Metaverse, Apa Saja Keuntungannya?

Sesuai dengan Surat Keputusan Direksi Perseroan No. 035/SKD/ESA/WIR/XII/2021 tanggal 29 Desember 2021 tentang Program Alokasi Saham Pegawai (Employee Stock Allocation atau ESA), Perseroan mengadakan program ESA dengan jumlah sebanyak-banyaknya 10 persen dari Saham Yang Ditawarkan dalam Penawaran Umum atau sebanyak-banyaknya 233 juta saham.

Perseroan juga telah mendapat persetujuan untuk mengadakan Program Opsi Kepemilikan Saham kepada Manajemen dan Karyawan (Management and Employee Stock Option Program atau MESOP) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 10 persen dari jumlah modal ditempatkan dan disetor pada saat persetujuan RUPS atas MESOP atau sebanyak-banyaknya 934 juta saham.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com