Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sewa Teras Alfamart untuk Usaha, Catat Syarat dan Biayanya

Kompas.com - 20/03/2022, 15:51 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


KOMPAS.com - Informasi sewa teras Alfamart penting diketahui bagi yang berminat daftar tenant Alfamart dan sedang mencari tahu cara sewa teras Alfamart.

Sejumlah pertanyaan terkait hal ini juga kerap bermunculan di kalangan pembaca, termasuk tentang harga sewa teras Alfamart, khususnya bagi yang belum punya pengalaman sewa teras Alfamart.

Apa itu tenant Alfamart? Berapa biaya sewa teras Alfamart? Bagaimana cara berjualan di depan Alfamart?

Baca juga: Cara Jadi Agen JNE: Syarat, Keuntungan, dan Biaya Buka Agen JNE

Itulah sederet pertanyaan yang sering mencuat di kalangan pembaca yang mencari informasi sewa teras Alfamart. Karena itu, artikel ini akan membantu pembaca menjawab sederet pertanyaan tersebut.

Daftar tenant Alfamart

Dikutip dari laman resmi Alfamart, tenant Alfamart adalah istilah yang digunakan Alfamart untuk pelanggan yang menyewa ruang usaha secara bulanan di halaman parkir toko Alfamart.

Penyewaan lahan di depan toko Alfamart tersebut dilakukan sesuai dengan ketersediaan dan mengikuti syarat serta ketentuan sewa yang berlaku.

Baca juga: Ini Cara Bayar IndiHome Lewat Indomaret dan Alfamart Terdekat

Syarat sewa teras Alfamart

Syarat utama bagi tenant Alfamart yang akan membuka usaha berupa makanan dan minuman adalah tidak makan di tempat, dan tidak menjual produk (dalam kemasan) yang sama seperti yang dijual di dalam toko Alfamart.

Selain berupa makanan dan minuman, ruang usaha di halaman parkir juga dapat digunakan untuk pameran kecil seperti pameran kendaraan bermotor atau kegiatan promosi kecil lainnya.

Media yang dapat digunakan oleh tenant Alfamart beragam, mulai dari gerobak (kayu/stainless steel), meja booth, mini container, dan tenda mini perkavling ukuran ruang 2m x 1,5m (tampak muka 1,5m).

Dengan periode sewa ruang usaha secara bulanan ini diharapkan dapat mempermudah dan memberikan keleluasaan bagi usaha tenant Alfamart.

Baca juga: Cara Jadi Agen TIKI, Pahami Syarat dan Keuntungan Jadi Agen TIKI

Harga sewa teras alfamart

GM Corporate Communication Alfamart Nurahman pernah menyampaikan penjelasan mengenai harga sewa teras Alfamart yang bisa dijadikan acuan untuk daftar tenant Alfamart.

Dia bilang, bagi calon pengusaha yang ingin membuka usahanya di teras Alfamart hanya perlu membayar biaya sewa rata-rata Rp 600.000 di luar Jabodetabek dan Rp 700.000 di wilayah Jabodetabek.

"Biaya sewa ini sesuai dengan daerah toko masing-masing rata-rata antara Rp 600.000 di luar Jabodetabek dan Rp 700.000 di Jabodetabek. Harga tersebut belum termasuk PPN 10 persen," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/7/2021) silam.

Dia menjelaskan, harga tersebut dibayarkan per bulan di awal periode sewa. Ini juga penting diketahui bagi yang ingin punya pengalaman sewa teras Alfamart.

"Ini termasuk listrik 200 watt. Sementara untuk air bisa didapat dari kamar mandi toko, untuk kebutuhan seperlunya," ungkapnya.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Bayar PBB di Indomaret dan Alfamart

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com