Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2022, 19:04 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor energi dan sumber daya mineral (ESDM) akan menggelar Sidang Energy Transition Working Group yang pertama (ETWG 1), yang merupakan rangkaian Presidensi G20 Indonesia, pada 24-25 Maret 2022.

Sidang ETWG 1 akan berlangsung di Yogyakarta, dihadiri 20 negara anggota G20, 10 negara undangan, dan 8 organisasi internasional, baik secara langsung maupun virtual.

"Bapak Menteri ESDM akan hadir pada sidang ETWG 1, sekaligus juga menghadiri acara lainnya yang menjadi side events pada ETWG 1. ETWG di Yogyakarta ini akan menjadi pembuka dari sidang-sidang ETWG," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi, melalui keterangan tertulis, Minggu (20/3/2022).

Pembahasan dalam sidang ETWG-1 meliputi tiga isu prioritas transisi energi yakni akses, teknologi, dan pendanaan.

Baca juga: Indonesia Terpilih Jadi Tuan Rumah World Water Forum 2024

"Global energy security, securing energy accessibility, smart and clean energy technologies scaling up. Dan yang paling penting dari sidang tersebut adalah pembahasan rencana dan desain utama Road to Bali Communique (Komunike Bali) dari berbagai negara G20 untuk energi transisi," tambahnya.

Sidang juga akan membahas bagaimana menciptakan energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan dan modern untuk semua. Di bidang teknologi akan dibahas upaya peningkatan dan pemanfaatan teknologi untuk pembangunan industri bersih, integrasi energi terbarukan dan efisiensi energi.

Dalam rangkaian ETWG-1 di Yogyakarta tersebut, Menteri ESDM juga akan menyaksikan penandatangangan Power Purchase Agreement (PPA) pembangkit energi baru terbarukan (EBT), Green Financing dan pembelian renewable energy certificate/REC.

Baca juga: Cara Sewa Teras Alfamart untuk Usaha, Catat Syarat dan Biayanya

Parade sepeda motor konversi dari BBM ke listrik rencananya juga dilakukan. Selain itu juga diadakan seminar internasional terkait dediselisasi pembangkit listrik.

Selain itu, Menteri ESDM juga akan mengikuti Energy Transitions Youth Forum yang merupakan forum bagi generasi muda untuk ikut melakukan aksi termasuk memberikan intervensi terkait transisi energi.

"Kami memberikan kesempatan kepada anak-anak muda, para penerus di sektor energi untuk dapat memberikan intervensi dan komitmen terhadap upaya transisi energi. Pada Energy Transitions Youth Forum juga akan diluncurkan kompetisi inovasi transisi energi, dan program youth movement dari ESDM, PLN dan Pertamina untuk para generasi muda membangun energi bersih di tanah air," ujar Agung.

Baca juga: Kemenhub Ajak Penonton MotoGP Manfaatkan Tempat Tidur Terapung Gratis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com