Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Diaspora RI, Erick Thohir: Kalau Perlu Kami Biayai

Kompas.com - 20/03/2022, 20:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, perlunya perbankan nasional memberi dukungan terhadap para diaspora. Atas dasar itulah, BNI ditunjuk untuk terus meningkatkan fokus pada ekspansi bisnis internasional.  

Selain itu, kolaborasi diaspora dengan perbankan nasional juga dinilai sebagau upaya untuk terus menciptakan banyak peluang investasi di luar negeri, menambah potensi lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia, mendorong UMKM dalam negeri untuk Go Global, sekaligus menarik banyak potensi penanaman modal dari luar negeri.  

"Tentunya kami terus mendukung para diaspora Indonesia dengan berbagai program. Khususnya kami akan mendukung Youtuber Kimbab Family di Korea untuk berkarya lebih banyak lagi. Kami bisa support, kalau perlu kami biayai," kata Erick saat berbincang dengan Youtuber Kimbab Family, Mama Gina belum lama ini.  

Baca juga: Indonesia Terpilih Jadi Tuan Rumah World Water Forum 2024

General Manager Kantor Cabang BNI Seoul Anisfu menuturkan, BNI adalah bank yang satu-satunya bank BUMN yang memiliki kantor cabang di Korea Selatan. Dengan keberadaan kantor ini, BNI mencari ceruk pertumbuhan baru, kolaborasi dengan diaspora Indonesia di Korea Selatan. 

Dia menuturkan, BNI sejauh ini telah banyak memulai berbagai program pelatihan dan pendampingan perencanaan keuangan para diaspora di Korea Selatan.  

"Ke depan, kami juga akan terus eksplor lagi potensi-potensi kolaborasi BNI dan diaspora. Kami tahu ada diaspora yang punya usaha, kami siap untuk pembiayaan. Kita pun siap untuk support dengan berbagai solusi perbankan serta beyond banking yang kami miliki," katanya.  

Youtuber Kimbab Family Mama Gina menilai BNI proaktif mencarikan solusi perbankan untuk para diaspora Indonesia yang ingin lebih produktif di luar negeri. 

"Jadi BNI ini memang serius untuk membantu diaspora yang ada Di Korea Selatan. Dulunya, kami warga Negara Indonesia merasa seperti tidak punya siapa-siapa. Tapi setelah tahu ada BNI di Korea Selatan, rasanya seperti selamat gitu," ungkapnya.

Baca juga: Jelang Ramadhan. Hampir Seluruh Komoditas Pangan Mengalami Kenaikan Harga

Menurutnya, BNI adalah bank pemerintah pertama yang memiliki program tepat sasaran yang tentunya akan membantu banyak kegiatan produktif bagi pada diaspora Indonesia.  

"Senang banget ternyata BNI telah banyak membantu diaspora di luar negeri. Untuk para diaspora yang mau mengembangkan usaha bisa dibantu pendanaan oleh BNI. BNI bisa diandalkan," ujarnya. 

Mama Gina bilang, meski di luar negeri, BNI tetap dapat memfasilitasi pembukaan rekening melalui BNI mobile banking. Nasabah hanya perlu menyiapkan E-KTP sebagai lampiran foto untuk persyaratan pembukaan foto. 

"Jadi BNI di Korea Selatan tetap bisa membuka rekening rupiah. Transfer ke sesama ke rekening rupiah di Korea, itu seperti transfer ke sesama nasabah di Indonesia," sebutnya. 

Baca juga: Ongki Wanadjati Dana Mundur dari Jabatan Dirut BTPN

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+