Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarinah Hari Ini Kembali Buka, Seperti Apa Wajah Barunya?

Kompas.com - 21/03/2022, 05:08 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini atau Senin (21/3/2022), PT Sarinah (Persero) akan kembali membuka untuk umum pusat perbelanjaan Sarinah. Mal Sarinah ditutup sementara untuk dilakukan perbaikan besar-besaran sejak 2020.

"Sampai berjumpa sebentar lagi di 21 Maret 2022!" tulis Sarinah dalam akun Instagram @sarinahindonesia, Minggu (20/3/2022).

Sarinah yang didirikan tahun 1962, kini akan menjadi pusat perbelanjaan khusus Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sehingga hanya menampilkan produk-produk lokal.

Baca juga: Ini Strategi InJourney Kembangkan Labuan Bajo, TMII, dan Sarinah

"Sarinah Community Mall akan selalu menciptakan rasa cinta dan dukungan terhadap produk-produk Indonesia agar bisa bersaing secara global," kata pengelola Sarinah dalam postingan tersebut.

Sarinah yang mengusung tema community mall (mal komunitas) juga berharap menjadi tempat nongkrong anak muda maupun komunitas. Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas baru seperti skydeck dan amphitheater.

"Banyak spot yang bisa kamu nikmati bersama teman, keluarga, dan orang tersayang," sebutnya.

Suasana Gedung Sarinah pascarenovasi di Jakarta, Sabtu (19/3/2022). Pusat perbelanjaan atau mal tertua di Indonesia itu akan dibuka untuk umum mulai 21 Maret 2022.Antara Foto/Aprillio Akbar Suasana Gedung Sarinah pascarenovasi di Jakarta, Sabtu (19/3/2022). Pusat perbelanjaan atau mal tertua di Indonesia itu akan dibuka untuk umum mulai 21 Maret 2022.

Sarinah juga mengadopsi fasilitas lain yang dapat digunakan generasi milenial untuk mengeksplorasi permainan tradisional Indonesia yang dikemas dengan konsep digital.

Terdapat juga atrium yang bisa digunakan untuk menyelenggarakan berbagai macam pameran kreatif seperti pergelaran busana atau fashion show.

Proses transformasi Sarinah saat ini tidak menghilangkan citra awal saat dibangun dengan ide dari Presiden Soekarno.

Dengan mengkhususkan diri pada UKM dan membangun berbagai fasilitas yang dapat menarik generasi muda, Sarinah justru dapat menjadi pusat perbelanjaan dan promosi bagi barang-barang lokal Indonesia.

Baca juga: Erick Thohir: Gedung Sarinah akan Punya Ikon Relief Peninggalan Soekarno

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com