Kompas.com - 21/03/2022, 12:48 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank-bank BUMN mencatatkan kinerja positif sepanjang tahun 2021. Hal ini terefleksikan dari laba bersih masing-masing bank yang melesat, bahkan ada yang mencapai lebih dari 200 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Capaian itu membuat bank pelat merah mengalokasikan bonus dan tantiem untuk jajaran direksi dan komisaris perseroan. Dilansir dari masing-masing laporan keuangan tahun buku 2021 perseroan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menuliskan besaran bonus dan tantiem yang diterima para pejabatnya.

Adapun PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk tidak menyertakan data besaran bonus dan tantiem untuk direksi dan komisaris dalam laporan keuangan tahun buku 2021.

Baca juga: LRT Jakarta Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan S1, Ini Syaratnya

Lantas, bank pelat merah mana yang memberikan bonus dan tantiem paling besar untuk direksi dan komisarisnya?

BRI

Dari ketiga bank yang menyertakan data, BRI menjadi bank BUMN yang memberikan total bonus dan tantiem paling besar kepada direksi dan komisarisnya.

Tercatat bank yang fokus pada segmen UMKM itu mengalokasikan tantiem sebesar Rp 475,5 miliar untuk direksi dan komisarisnya. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun buku 2020 yang hanya Rp 339,8 miliar.

Jika dilihat lebih rinci, besaran tantiem yang diberikan BRI untuk jajaran direksi sebesar Rp 339,9 miliar dan untuk dewan komisaris sebesar Rp 135,6 miliar.

Sementara itu, jumlah direksi BRI saat ini sebanyak 12 orang dan dewan komisaris terdiri dari 10 orang.

Baca juga: Link untuk Kirim Saran Penyusunan Aturan di IKN Nusantara

Sepanjang tahun lalu bank dengan kode emiten BBRI itu membukukan laba bersih sebesar Rp 32,2 triliun. Realisasi ini meningkat 76 persen dibanding tahun 2020 sebesar Rp 18,3 triliun.

Bank Mandiri

Di posisi kedua bank BUMN yang memberikan total bonus dan tantiem paling besar untuk direksi dan komisaris ditempati oleh Bank Mandiri.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.