Kompas.com - 21/03/2022, 15:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengubah susunan direksi Holding BUMN pangan atau ID Food. Frans Marganda Tambunan kini ditunjuk menjadi Direktur Utama (Dirut) PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI, induk ID Food.

Hal ini diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) RNI pada hari ini, Senin (21/3/2022). Rapat dihadiri pejabat Kementerian BUMN hingga Dewan Komisaris RNI.

Frans Marganda Tambunan menggantikan posisi Arief Prasetyo Adi yang diangkat Presiden Joko Widodo menjadi Kepala Badan Pangan Nasional (National Food Agency/NFA) pada 21 Februari 2022 lalu.

Baca juga: Soal Diaspora RI, Erick Thohir: Kalau Perlu Kami Biayai

Pergantian posisi pimpinan itu, berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN No.SK-83/MBU/03/2022 pada 21 Maret 2022, yang menetapkan pengalihantugas Frans menjadi Direktur Utama RNI dari yang semula menjabat sebagai Direktur Komersial RNI.

Selain itu, Erick Thohir juga turut mengangkat Ardiansyah Chaniago sebagai Direktur Komersial RNI, menggantikan posisi Frans Marganda Tambuna sebelumnya.

Frans Marganda Tambunan mengatakan, bahwa dirinya akan melanjutkan visi-misi Holding Pangan yang dilakukan melalui kolaborasi dengan berbagai pihak serta dengan berupaya mengoptimalkan ekosistem pangan berkelanjutan.

“Terima kasih kepada Pemegang Saham Kementerian BUMN, Kepala Badan Pangan Nasional, semoga amanah ini dapat bersama-sama memajukan Industri Pangan Indonesia,” kata dia seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (21/3/2022).

Sementara itu, Kepala Badan Pangan Nasional (NFA) Arief Prasetyo Adi mengucapkan selamat kepada jajaran direksi RNI yang baru. Menurutnya, kondisi saat ini yang cukup menantang yang perlu dihadapi Direksi RNI adalah restrukturisasi dan transformasi pangan.

Baca juga: Erick Thohir: Penyertaan Modal Negara ke BUMN Lebih Tepat Sasaran

“Harapan saya BUMN dapat terus kolaborasi bersama, hal ini sesuai ekspektasi Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN, untuk bersama-sama memajukan industri pangan Indonesia,” kata Arief.

Maka dengan perubahan tersebut, susunan Direksi RNI sebagai berikut:

  • Direktur Utama: Frans Marganda Tambunan
  • Direktur Komersial: Ardiansyah Chaniago
  • Direktur SDM: Endang Suraningsih
  • Direktur Pengembangan dan Pengendalian Usaha: Febriyanto
  • Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Thomas Hadinata
  • Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi: Adhi Cahyono Nugroho.

Baca juga: Profil Istaka Karya, BUMN Karya yang Mau Dibubarkan Erick Thohir

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.