Grab Bakal Operasikan 14.000 Unit Kendaraan Listrik Tahun Ini

Kompas.com - 21/03/2022, 15:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Grab Indonesia, PT PLN (Persero), Smoot Motor, dan SWAP Energi bekerja sama mempercepat pembangunan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi di Indonesia.

Melalui kolaborasi ini, keempat perusahaan menyatukan peran untuk menciptakan kendaraan ramah lingkungan yang terjangkau bagi semua kalangan.

Executive Vice President Pemasaran dan Pengembangan Produk PLN Hikmat Drajat mengatakan, melalui kolaborasi ini, diharapkan dapat mengakselerasi pengunaan kendaraan bermotor listrik sehingga dapat memperkuat ketahanan energi di Indonesia.

"Kerja sama ini merupakan langkah awal dari inovasi yang dapat diperluas dan dikembangkan guna saling memperkuat value dan manfaat bagi penguatan ekosistem kendaraan bermotor listrik di Indonesia. Upaya ini untuk mengalihkan energi berbasis impor ke energi domestik, dari energi fosil ke energi terbarukan," ujarnya saat konferensi pers Ride To The Future, Senin (21/3/2022).

Baca juga: Mudah, Begini Cara Bayar Netflix Pakai GoPay dan DANA

Dengan kerja sama ini, Grab Indonesia sebagai operator kendaraan listrik berbasis ride-hailing menargetkan menghadirkan total 14.000 armada kendaraan listrik pada akhir tahun ini sebagai upaya mendorong perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanah air.

Sejak 2019, Grab Indonesia sudah memiliki 8.500 kendaraan listrik, dengan dominasi pada kendaraan roda dua yang mengaspal di Indonesia.

Grab mengoperasikan armada kendaraan listrik dengan skema rental, dimana Grab membeli motor listrik dari produsen, kemudian menyewakannya per hari, dengan demikian mitra pengemudi dapat berhemat karena pemeliharaan motor ditanggung Grab.

"Dengan jumlah tersebut kita sudah membantu mengurangi emisi karbondioksida hingga 4.600 kilogram, setara dengan menanam 260.000 pohon," kata President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata.

Baca juga: Masyarakat Berpenghasilan di Bawah Rp 4,5 Juta Tidak Perlu Lapor SPT, Ini Penjelasan Ditjen Pajak

Dalam kerja sama ini, Smoot Motor untuk memenuhi kebutuhan motor listrik untuk armada Grab secara maksimal melalui varian Tempur yang merupakan kendaraan listrik roda dua yang sudah dilengkapi sistem tukar baterai dari SWAP.

Dengan demikian, driver Grab kini tidak perlu lagi melakukan proses cas baterai berjam-jam atau takut kehabisan baterai di jalan. Cukup tukar baterai 9 detik di titik penukaran (SWAP Poin) terdekat untuk melanjutkan perjalanan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.