Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Penawaran Awal Diperpanjang, Simak Cara Beli Saham GoTo

Kompas.com - 21/03/2022, 17:17 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau GoTo memutuskan untuk memperpanjang periode waktu penawaran awal saham (bookbuilding period) hingga hari Kamis, (24/3/2022). Bagi Anda yang berminat, simak cara membeli saham IPO GoTo berikut ini.

Adapun perpanjangan masa penawaran awal Initial Public Offering (IPO) saham GoTo bertujuan agar semakin banyak konsumen dan pedagang di platform Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial yang dapat mengikuti Program Saham Gotong Royong.

Corporate Secretary GoTo Koesoemohadiani mengatakan, IPO GoTo mendapat sambutan positif dan antusiasme tinggi dari masyarakat. Terutama dari para konsumen dan pedagang (merchant dan seller) dalam ekosistem yang mendapatkan alokasi pasti melalui Program Saham Gotong Royong.

Perpanjangan waktu ini diharapkan dapat memberikan waktu yang lebih panjang bagi mereka, mengingat Program Saham Gotong Royong ini merupakan yang pertama kali di pasar modal Indonesia.

Baca juga: Telkom Hadirkan Infrastruktur Kelas Dunia di Mandalika MotoGP Series, Menkominfo Berikan Apresiasi

“Sehingga dibutuhkan waktu untuk masyarakat, terutama para konsumen dan pedagang di ekosistem GoTo, untuk dapat lebih memahami mekanisme pemesanan saham, mempertimbangkan keputusan investasi dengan baik, serta dapat menyelesaikan seluruh proses penyampaian minat awal,” terang Koesomohadiani dikutip dari Kontan.co.id, Senin (21/3).

Minat tinggi para calon investor tercermin dalam enam hari pertama periode penawaran awal, khususnya yang mengambil bagian melalui Program Saham Gotong Royong. Ini terlihat dari laman undangan berinvestasi yang telah dibaca hingga 11 juta kali di aplikasi Gojek, Tokopedia dan GoBiz.

Selain itu, struktur rencana IPO GoTo yang dirancang untuk menarik kepercayaan calon investor. Seperti skema Opsi Penjatahan Lebih dalam rangka stabilisasi harga (greenshoe) serta penerapan saham dengan hak suara multipel (SHSM) yang dapat memastikan terjaganya visi dan misi jangka panjang perusahaan, turut mendorong minat calon investor terhadap saham GoTo.

Baca juga: Berapa Sebenarnya Harga Keekonomian Pertamax?

“IPO ini merupakan tahap awal dari fase pertumbuhan berikutnya bagi GoTo, dan kami berharap bisa bertumbuh bersama dengan para investor untuk mendorong kemajuan bagi seluruh ekosistem GoTo dan sektor ekonomi digital serta pasar modal di Indonesia,” pungkas Koesomohadiani.

Seiring tingginya minat calon investor, GoTo mengundang para calon investor yang memenuhi syarat, untuk berpartisipasi dalam Program Saham Gotong Royong, yang notifikasinya tersedia pada aplikasi Gojek, Tokopedia, atau GoBiz. Selain itu, untuk masyarakat luas, pemesanan saham dapat dilakukan dengan mekanisme e-IPO melalui perusahaan sekuritas.

Dengan perpanjangan periode penawaran awal hingga 24 Maret 2022, GoTo menargetkan bisa melakukan penawaran umum pada minggu pertama April 2022.

GoTo sendiri akan melepas 48 miliar saham yang kemungkinan akan ditingkatkan hingga 52 miliar saham seri A dalam penawaran umum perdana atau Initial Publik Offering (IPO).

Baca juga: Pembangunan Dua Jembatan Gantung di Jawa Tengah Telah Rampung

Sedangkan nilai emisi dari saham yang ditawarkan sebesar Rp 15,2 triliun dengan tambahan Rp 2,3 triliun dari greenshoe.

Calon investor dapat memesan saham GoTo di periode masa penawaran awal ini, dengan rentang harga Rp 316 sampai Rp 346 per lembar saham.

Selanjutnya, calon investor dapat membeli saham dengan jumlah lot yang harganya Rp 316 sampai Rp 346 per lembarnya. Sebagai informasi, 1 lot sama dengan 100 lembar saham.

Masa penawaran awal diperpanjang, begini cara membeli saham IPO GoTo secara onlineGoTo Masa penawaran awal diperpanjang, begini cara membeli saham IPO GoTo secara online

Cara beli saham IPO GoTo

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com sebelumnya, masyarakat yang berminat membeli saham GoTo pada IPO kali ini bisa menggunakan layanan di laman e-IPO. Berikut cara beli saham IPO GoTo:

Baca juga: Tahun 2022, PIP Targetkan 2 Juta Debitur Dapat Pinjaman Ultra Mikro

  • Buka laman e-ipo.co.id.
  • Pilih menu Register.
  • Masukkan alamat email aktif.
  • Pilih Tipe Investor.
  • Isi data yang diminta.
  • Buka email dan klik alamat website yang dikirim di email masuk untuk melakukan autentikasi.
  • Masukkan kode OTP.
  • Setelah melakukan registrasi akun, klik Login.
  • Masukkan email dan password lalu klik Login.
  • Halaman akan menampilkan berbagai perusahaan yang sedang melakukan IPO.
  • Pilih GoTo dan klik Info Lebih Lanjut.
  • Baca informasi terkait saham GoTo dengan seksama.
  • Baca juga prospektus GoTo.
  • Klik Pesan.
  • Pilih Broker pilihan di kolom Participant.
  • Boleh memilih broker atau sekuritas di mana Anda sudah terdaftar sebagai nasabah.
  • Masukkan Harga dan Jumlah Lot yang diinginkan.
  • Pastikan jumlah harga yang dimasukkan sudah sesuai dengan rentang harga yang ditentukan perusahaan.
  • Pilih Ya atau Tidak pada tiga pertanyaan yang tersedia.
  • Klik Kirim.
  • Teliti kembali data yang diisi sudah benar, lalu klik Simpan. Isi kode OTP yang dikirim ke nomor ponsel yang sudah terdaftar.
  • Klik Simpan Pesanan. Pesanan akan tersimpan dan tunggu proses verifikasi pesanan oleh Partisipan Sistem.

Baca juga: Ekonom: Harga BBM Nonsubsidi Seharusnya Ikuti Harga Pasar

Sesuai dengan ketentuan OJK, minat yang disampaikan langsung oleh calon investor di masa book building ini harus dikonfirmasi oleh calon investor jika ingin diteruskan ke masa Offerring.

Konfirmasi dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Buka menu Active Order pada laman e-IPO Anda.
  • Klik "I have already read the prospectus".
  • Sediakan dana di Rekening Dana Nasabah (RDN) yang sesuai dengan jumlah harga saham yang dipesan sebelum masa penawaran umum berakhir.
  • Cek secara berkala situs e-ipo.co.id untuk melihat jumlah beli saham GoTo yang terkonfirmasi.
  • Setelah mendapatkan konfirmasi, saham IPO GoTo yang dipesan pun resmi menjadi milik calon investor sejak 1 hari sebelum tanggal pencatatan saham.

Baca juga: Grab Bakal Operasikan 14.000 Unit Kendaraan Listrik Tahun Ini

Itulah informasi seputar cara beli saham (cara membeli saham) GoTo di perpanjangan masa penawaran awal IPO.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com