DPR Minta Pemerintah Pastikan Harga Minyak Goreng Curah Rp 14.000 Tak Naik di Pasaran

Kompas.com - 21/03/2022, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi VI DPR RI Nusron Wahid mendukung subsidi minyak goreng curah kepada orang miskin di harga Rp. 14.000. Untuk itu, dia meminta pemerintah untuk memastikan bahwa harganya tidak boleh lebih dari angka itu.

"Kalau ada yang nakal harus disikat. Tidak boleh minyak goreng masuk ke industri dan diselundupkan dan dikemas sehingga dijual dengan harga pasar," ujar Nusron Wahid dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/3/2022).

Menurut Nusron, hadirnya minyak goreng curah Rp 14.000 per liter tanda bawa negara hadir, untuk membantu rakyat kecil agar mengakses bahan pokok dengan harga yang terjangkau.

Baca juga: Saat Mendag Bingung soal Minyak Goreng, lalu Tanya ke Ibu-ibu: Mending Mana, Murah tapi Barang Kosong, atau Mahal Sedikit tapi Stok Banyak?

"Kita apresiasi kehadiran minyak goreng subsidi. Ayo kita awasi bersama jangan sampai ada yang meleset," ujarnya.

Nusron mengungkapkan, Kemendag sudah menyampaikan data mengenai variasi konsumsi minyak goreng curah dan kemasan.

Perinciannya adalah, kemasan Premium 1.270.776.256 liter (22 persen), kemasan sederhana 231.050.228 liter (4 persen), curah rumah tangga 2.426.027.397 liter (42 persen) dan curah industri 1.848.401.826 (32 persen).

Baca juga: Pemerintah Wajibkan Pengusaha Sediakan Minyak Goreng Curah

Legislator Partai Golkar ini mengungkapkan, dengan data itu maka artinya susidi harga minyak goreng curah untuk yang 42 persen rumah tangga dengan kategori kurang mampu.

"Prinsipnya, rakyat harus terjangkau dalam memenuhi kebutuhannya untuk membeli minyak goreng, dan pemerintah harus memastikan itu bisa diakses oleh rakyat yang berhak dan memastikan harganya tidak bail dari yang telah ditentukan," tegas Nusron Wahid

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.