BRIN
Badan Riset dan Inovasi Nasional

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) adalah lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia. BRIN memiliki tugas menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi yang terintegrasi.

Preferensi dalam Memilih Produk SNI

Kompas.com - 22/03/2022, 16:02 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Reza Lukiawan

APA yang mendorong keinginan konsumen dalam memilih suatu barang yang akan dibeli? Jika pertanyaan ini diajukan, maka akan muncul berbagai alasan.

Faktor harga akan selalu menjadi alasan umum. Dengan harga lebih murah akan membuat konsumen cenderung membeli satu barang dibandingkan barang lain yang sejenis.

Apalagi bagi konsumen yang tidak terlalu fanatik pada suatu merk tertentu, juga bagi kebanyakan konsumen yang tidak mementingkan mutu suatu barang.

Maka faktor harga akan lebih dominan dalam membeli barang. Sebab harga dipengaruhi juga pada kemampuan daya beli atau purchasing power yang dimilikinya, khususnya tentu bagi masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah.

Namun, harga bukan menjadi satu-satunya faktor. Faktor lain seperti merk dan kualitas mutu yang baik dari suatu barang bisa pula membuat konsumen lebih percaya dan menjadikan preferensi untuk membeli.

Bahkan beberapa merk barang lebih awam disebut sebagai substitusi dari jenis barangnya.

Seperti, Aqua yang sering disebut untuk membeli air mineral. Merk Indomie yang seringkali terucap ketika membeli mi instan.

Ada beberapa merk lain sepeti Softex, Pampers yang sudah terbiasa teringat di benak konsumen.

Kepercayaan konsumen pada produk dengan brand image yang kuat rupanya juga bisa menjadi alasan preferensi dalam membeli barang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.