KILAS

Tidak Sembarangan, Ini Bisnis yang Cocok untuk Pemula

Kompas.com - 23/03/2022, 12:35 WIB

KOMPAS.com – Apa saja bisnis yang cocok untuk pemula? Pertanyaan ini sering dilontarkan pemula yang tertarik merintis usaha sendiri, baik bagi yang baru saja menyelesaikan pendidikan maupun tengah bekerja di suatu perusahaan.

Bisnis yang cocok untuk pemula memang bisa menjadi pilihan bagi orang yang ingin mengatur besaran penghasilan sendiri, mewujudkan inovasi dan kreativitas, hingga menekuni hobi yang menguntungkan.

Meski demikian, setiap usaha memerlukan persiapan dan perencanaan matang. Salah satu hal utama yang wajib diketahui pebisnis pemula adalah mengenali tantangan, cara berbisnis baik dan benar, hingga menangkap peluang dan menentukan bisnis yang cocok untuk pemula.

Tantangan bisnis bagi pemula

Membuka bisnis bagi pemula memang tidak semudah yang dibicarakan. Risiko terburuk seperti bangkrut selalu bisa terjadi. Oleh karenanya, pebisnis dituntut untuk memiliki mental yang kuat agar bisnisnya dapat berkembang.

Untuk itu, kenali beberapa tantangan yang akan ditemui selama membuka bisnis serta cara mengatasinya.

Dihimpun Kompas.com dari berbagai sumber berikut adalah beberapa tantangan bisnis bagi pemula.

Baca juga: Mau Bangun Bisnis Kecantikan? Simak Dulu Saran Ahli

1. Persaingan bisnis

Dari usaha kecil hingga besar, persaingan akan selalu ada, baik dari segi kualitas, tempat usaha, harga, pelayanan, gimmick, hingga pemasaran. Pemenang persaingan pun ditentukan dari eksekusi beberapa faktor tersebut.

Oleh karenanya, sejak awal pebisnis harus dituntut menyediakan ruang untuk belajar dan menyesuaikan dinamika bisnis.

Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah growth strategy (strategi memperbaiki atau meningkatkan kualitas produk). Contohnya adalah Apple dan Samsung yang terus berinovasi demi menjadi perusahaan smartphone terbaik.

2. Modal

Modal merupakan hal utama untuk mengoperasikan bisnis. Bagi pemula, kurangnya modal bisa menghambat pada proses pemasaran bahkan produksi.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.