KAI Belum Keluarkan Aturan Angkutan Mudik Lebaran, Tiket Reguler Masih Bisa Dipesan H-30

Kompas.com - 23/03/2022, 12:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) masih belum mengeluarkan aturan terkait angkutan mudik Lebaran untuk penumpang kereta api.

Kepala Humas Daop 1 Jakarta PT KAI, Eva Chairunisa mengatakan, PT KAI masih menunggu arahan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk kemudian disesuaikan dengan aturan angkutan mudik Lebaran KAI.

Untuk saat ini, Kemenhub belum menerbitkan aturan tentang mudik Lebaran 2022 karena masih menunggu ketentuan dari Satgas Penanganan Covid-19.

Baca juga: Soal Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik, Kemenhub Tunggu SE Satgas

"Untuk ketentuan, kami menyesuaikan dengan arahan pemerintah nantinya," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (23/3/2022).

Dia melanjutkan, apa pun ketentuan dari pemerintah, KAI selalu memastikan kesiapan personel petugas dan sarana kereta api.

"Memastikan semua sarana yang dimiliki handal dan petugas tersedia. Itu merupakan hal rutin yang wajib dilakukan," ucapnya.

Dengan demikian, apabila nantinya pemerintah memperbolehkan mudik Lebaran diadakan, KAI hanya perlu mempersiapkan sarana dan personel tambahan yang dibutuhkan.

"Momen mudik biasanya hanya nanti tinggal memetakan kira-kira berapa sarana yang dibutuhkan, fasilitas tambahan apa saja, petugas ekstra berapa," lanjut Eva.

Sejauh ini, KAI masih melayani penjualan tiket kereta api reguler yang dapat dibeli masyarakat pada H-30 melalui aplikasi KAI Access, web KAI, loket, dan kanal eksternal yang ditetapkan.

"Saat ini untuk tiket aturannya H-30, kata dia.

Baca juga: Tahun Ini Boleh Mudik Lebaran atau Tidak? Begini Jawaban Kemenhub

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.