Kompas.com - 23/03/2022, 15:32 WIB

KOMPAS.com – Bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari. Umat Islam di Tanah Air pun tengah mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah puasa.

Seperti diketahui, Ramadhan tahun ini masih dirundung situasi pandemi Covid-19. Oleh karena itu, berbagai persiapan perlu dilakukan secara matang agar puasa yang dijalankan lebih khidmat.

Berikut persiapan Ramadhan ala Shopee yang bisa kamu lakukan agar ibadah puasa berjalan dengan lancar, nyaman, dan penuh berkah.

1. Mantapkan niat, perkuat iman

Seperti diketahui, setiap ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadhan memiliki berkah dan pahala berlipat ganda. Karenanya, kamu perlu memantapkan niat dan memperkuat imat menjelang Ramadhan.

Kamu bisa memulai persiapan Ramadhan dengan sejumlah langkah sederhana, seperti membiasakan diri untuk salat lima waktu. Jangan lupa pula untuk membayar utang puasa tahun lalu.

Selain itu, kamu juga bisa memperdalam ilmu-ilmu agama untuk mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama Ramadhan.

2. Persiapkan kebugaran fisik

Agar puasa berjalan lancar, kamu perlu memiliki kondisi fisik yang prima. Karenanya, kamu perlu menjaga kesehatan tubuh dari sekarang.

Terdapat sejumlah hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan, mulai dari rutin berolahraga, cukup istirahat, hingga mengonsumsi vitamin dan suplemen.

Selain itu, kamu juga bisa mulai membantu tubuh untuk beradaptasi dengan pola aktivitas selama Ramadhan, seperti mengubah pola tidur agar bisa terbangun saat sahur.

3. Manajemen waktu

Siapkan rencana harian agar berbagai rutinitas selama puasa tetap berjalan produktif. Mulailah mengatur jam tidur agar cukup istirahat dan dapat bangun sahur dengan lebih segar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.