E-COMMERCE

Salut, Kurir Asal Depok Ini Berhasil Bantu Adik Jalankan Bisnis Online

Kompas.com - 23/03/2022, 16:26 WIB

KOMPAS.com – Eksistensi Shopee selama ini tak hanya mampu memberikan manfaat bagi para mitra, tapi juga keluarga mitra. Hal ini dialami oleh Arif, adik dari Paunk yang merupakan salah satu mitra pengantaran di platform e-commerce tersebut.

Sebagai informasi, Arif adalah pedagang kecil-kecilan yang menjual berbagai perlengkapan berkendara. Usaha ini dilakukan dengan menebeng di warung sembako milik sang ibu.

Paunk membeberkan peran Shopee dalam mendukung usaha sang adik. Hal ini bermula ketika ia melihat unggahan soal Kampus UMKM Shopee di Instagram.

Ketika ditelisik lebih dalam, Paunk mendapati bahwa Kampus UMKM Shopee merupakan pelatihan bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Ia pun segera mendaftarkan sang adik untuk mengikuti program tersebut.

“Saya ingin membantu adik saya untuk mengenali bisnis digital. Karena itu, saya mengikutsertakan dia ke pelatihan di Kampus UMKM Shopee di Jakarta. Lagi pula, program ini gratis serta terbuka untuk siapa saja, termasuk kurir dan driver ojek online (ojol),” ungkapnya kepada Kompas.com, Rabu (23/3/2022).

Pengalaman mengikuti Kampus UMKM Shopee diunggah Paunk dalam kanal Youtube pribadinya, Bank Paunk, pada Selasa (15/3/2022). Pemuda asal Depok, Jawa Barat, ini terlihat mengantarkan sang adik menuju kantor Shopee yang berada di Pakuwon Tower, Jakarta Selatan.

Dalam video itu, Paunk memperlihatkan berbagai kegiatan yang dilakukan dalam program Kampus UMKM Shopee. Contohnya, pelatihan untuk membuka akun toko Shopee, mengatur logistik, mengoptimalkan performa toko, dan cara melakukan live streaming. Sejumlah fasilitas di lokasi acara pun ia tunjukkan. Salah satunya, studio foto.

Saat berada di ruang live streaming, Paunk menjajal menjual produk usaha sang adik. Sedikit banyak, ia mendapatkan ilmu dari Kampus UMKM Shopee. Pasalnya, tim program tersebut sigap menjawab segala keingintahuan Paunk soal bisnis online.

Video Paunk tersebut menuai respons positif dari para subscribers kanal Youtube Bank Paunk. Hal ini terlihat dari engagement konten tersebut yang mencapai lebih dari 5.000 viewers dan 61 comments.

Hebat bang. Tanggung jawab gantikan tugas ayahnya, pokoknya hebat bang, salut,” tulis Kasmi Yati dalam kolom komentar.

Kini, Arif telah menjadi salah satu seller di Shopee. Keputusan bergabung dengan platform e-commerce ini mengantarkannya pada pasar yang lebih luas.

Paunk berharap, usaha online Arif bisa menjadi mata pencarian sehingga dapat membantu menambah ekonomi keluarga.

Sebagai informasi, pendaftaran Kampus UMKM Shopee bisa dilakukan melalui laman http://bit.ly/kampusuntukkeluargakurir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.