Simak, Ini Tips Jitu Co-Branding dari Pakar dan Pebisnis

Kompas.com - 24/03/2022, 08:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak dipungkiri, strategi co-branding memang bisa menjadi salah satu pilihan tepat bagi pebisnis yang hendak melebarkan sayapnya.

Pasalnya, strategi ini mampu mendorong bisnis untuk menghasilkan ide yang segar serta unik, memperluas jangkauan pasar, hingga meningkatkan brand awareness di mata masyarakat.

Walau begitu, diperlukan juga perencanaan yang matang dan komprehensif mencakup berbagai aspek bisnis agar tujuan dari co-branding dapat tercapai dengan efektif.

Baca juga: Tips Membangun Bisnis di Masa Pandemi dari Pemilik Kedai 49 Joy

Pengusaha Dear Me Beauty dan Kopi Soe merupakan dua brand favorit yang dikenal dengan inovasi serta kolaborasi produknya, membeberkan tiga kunci yang harus diperhatikan oleh pebisnis saat ingin melakukan strategi co-branding.

Co-Founder Kopi Soe Sylvia mengatakan, pertama adalah pebinis harus bisa memilih mitra kolaborasi dengan nilai dan tujuan yang sejalan.

Dia menjelaskan, mengidentifikasi calon mitra kolaborasi yang memiliki nilai dan tujuan serupa dengan brand merupakan langkah penting ketika mengusung strategi kolaborasi.

Nilai dan tujuan yang serupa bisa menjadi landasan hubungan kolaborasi yang kuat. Dengan begitu, kedua brand dapat menyamakan ekspektasi antara satu sama lain serta bersama-sama fokus untuk memberikan pengalaman terbaik kepada konsumen sesuai dengan nilai-nilai yang mereka junjung.

“Begitu juga yang kami lakukan di Kopi Soe, kami berupaya untuk senantiasa hadir sebagai brand dengan citra lokal yang kental. Berangkat dari situ, kolaborasi yang kami lakukan cenderung melibatkan partner dengan value yang serupa, meski datang dari latar belakang dan industri yang berbeda," ujarnya dalam diskusi ShopeePay Talks yang disiarkan secara virtual, Rabu (23/3/2022).

Baca juga: Bijak Membelanjakan Gaji, Simak 5 Tips Pintar Belanja Online Ini

Pemilihan mitra kolaborasi yang tepat, menurut dia, memudahkan Kopi Soe dalam menyusun strategi co-branding dan memperhitungkan dampak dari kolaborasi itu sendiri.

Kunci yang kedua adalah berkreasi dari konsumen dan untuk konsumen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.