Jalur Kereta Api Jakarta-Garut Resmi Beroperasi, Erick Thohir: Mudik Lebaran Bebas Macet

Kompas.com - 24/03/2022, 14:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Stasiun Garut Kota dan jalur kereta api yang melayani trayek Jakarta-Garut resmi beroperasi mulai hari ini, Kamis (24/3/2022), setelah 40 tahun tidak beroperasi. Jalur ini diharapkan bisa melayani masyarakat yang akan mudik pada masa libur Lebaran 2022.

Adapun Kereta Api Cikuray Ekspres menjadi kereta yang digunakan untuk melayani perjalanan Garut-Pasar Senen, Jakarta Pusat dengan estimasi waktu perjalanan yaitu 6 jam 28 menit.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, pengoperasian kembali Stasiun Garut Kota dan jalur Jakarta-Garut merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.

Baca juga: Komisi IX DPR Soroti Syarat Mudik Lebaran 2022: Sudah Banyak Pelonggaran, tapi...

Ia mengatakan, sejalan dengan kebijakan keputusan pemerintah yang memperbolehkan masyarakat mudik saat Lebaran, maka kereta api jalur Jakarta-Garut ini menjadi upaya untuk memberikan pelayanan mudik yang baik kepada masyarakat.

"Bagi warga yang ingin pulang kampung ke Jawa Barat, nah kereta Garut-Pasar Senen ini bisa menjadi salah satu rekomendasi transportasi untuk mudik Lebaran," ujar Erick seperti dikutip dalam keterangan resminya, Kamis (24/3/2022).

Menurut Erick, saat ini kereta api masih menjadi pilihan transportasi terpopuler saat mudik Lebaran karena penumpang bisa bersantai tanpa harus letih menyetir ataupun terjebak kemacetan.

"Ini menjadi rekomendasi (saat mudik Lebaran) karena pastinya bebas macet. Apalagi penumpang nantinya bisa lebih santai sambil menikmati pemandangan indah menuju Garut," imbuh dia.

Baca juga: Kemenhub Perkirakan Sekitar 80 Juta Orang Akan Mudik Lebaran

Mantan Bos Inter Milan itu mengaku bersyukur bahwa tahun ini masyarakat bisa mudik ke kampung halaman dan merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Sebab selama dua tahun berturut-turut ada larangan mudik demi meminimalisir penyebaran Covid-19.

Kendati demikian, ia mengimbau kepada masyarakat yanng akan mudik untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Pemudik tetap harus memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," kata dia.

Baca juga: Kenapa Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran Tahun Ini?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.