Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Jadwal dan Harga Tiket Kereta Api Jakarta-Garut via KA Cikuray

Kompas.com - 24/03/2022, 16:01 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


KOMPAS.com – Informasi seputar jadwal kereta api Jakarta-Garut penting diketahui bagi yang hendak bepergian dari Jakarta ke Garut menggunakan kereta api.

Kini, jadwal kereta Jakarta-Garut tersedia melalui kereta api baru bernama KA Cikuray yang secara resmi diluncurkan pada Kamis (24/3/2022).

Jadwal KA Cikuray menjadi informasi penting bagi yang mencari tahu jadwal kereta Jakarta-Cibatu-Garut, demikian juga terkait harga tiket kereta api Jakarta-Garut.

Baca juga: Cek Lagi Syarat Naik Kereta Api untuk Anak-anak

KA Cikuray sekaligus menjadi solusi bagi yang masih bingung dari Jakarta ke Garut naik apa. Pasalnya, sejumlah pertanyaan terkait hal ini masih kerap bermunculan di kalangan pembaca.

Apakah ada kereta Jakarta-Garut? Bagaimana regulasi perjalanan kereta api dari Jakarta ke Garut pada masa Covid-19? Berapa harga tiket perjalanan kereta api dari Jakarta ke Garut?

Itulah beberapa contoh pertanyaan yang sering mencuat. Karena itu, artikel ini akan membantu pembaca menjawab sederet pertanyaan tersebut.

Mengenal KA Cikuray

KA Cikuray adalah kereta api yang menyediakan perjalanan dengan jadwal kereta api Jakarta-Garut. KA tersebut baru diresmikan pada Kamis (24/3/2022), bersamaan dengan peluncuran Garut Cibatuan.

Baca juga: Update Persyaratan Naik Kereta Api, Berlaku Mulai 9 Maret 2022

Dua KA tersebut diluncurkan seiring pengoperasian kembali jalur KA Garut - Cibatu yang sebelumnya berhenti beroperasi pada tahun 1983, sejak dibuka pertama kali pada tahun 1889.

Peresmian dilakukan oleh oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir didampingi Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo dan Bupati Garut Rudy Gunawan di Stasiun Garut.

Nama KA Cikuray diambil dari nama sebuah gunung yang berada di wilayah Garut yang terkenal dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Keindahan yang dikandung Gunung Cikuray membuat kawasan tersebut menjadi destinasi wisata favorit khususnya untuk para pendaki gunung.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo menjelaskan, dengan penamaan tersebut, diharapkan hadirnya KA Cikuray ini dapat meningkatkan pariwisata di daerah Garut.

“KA tersebut diharapkan dapat meningkatkan konektivitas, membuka potensi wisata baru, serta meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Garut dan sekitarnya,” kata Didiek dalam keterangan resminya, Kamis (24/3/2022).

Baca juga: Ini Jadwal dan Tarif Kereta Jakarta-Surabaya Ekonomi KA Airlangga

Rute dan jadwal kereta api Jakarta-Garut KA Cikuray

KA Cikuray sendiri beroperasi dengan rute Garut - Pasar Senen Jakarta PP. KA Cikuray merupakan KA Jarak Jauh yang terdiri dari 7 kereta ekonomi dengan kapasitas total 560 tempat duduk.

KA Cikuray memiliki 2 jadwal keberangkatan yaitu sebagai berikut:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com