7 Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil dan Motor serta Formatnya

Kompas.com - 24/03/2022, 17:18 WIB

KOMPAS.com - Saat ingin mengurus kelengkapan surat kendaraan seperti BPKB, kerapkali Anda tidak bisa datang langsung ke Samsat atau dealer sehingga harus menggunakan orang lain melalui surat kuasa pengambilan BPKB. Ada sejumlah contoh surat kuasa pengambilan BPKB yang bisa Anda pakai.

Mengingat betapa pentingnya BPKB, itulah sebabnya Anda harus menyertakan surat kuasa pengambilan BPKB apabila harus melalui orang lain. Di internet sendiri, cukup banyak contoh surat pengambilan BPKB.

BPKB atau Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor adalah buku yang berisi surat keterangan kepemilikan kendaraan. Pemilik kendaraan harus mempunyai BPKB yang akan menyatakan dengan jelas bahwa ia adalah pemilik kendaraan tertentu yang sah di mata hukum.

Pengertian pemberian kuasa secara yuridis tercantum dalam pasal 1792 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer). Pemberian kuasa adalah suatu persetujuan yang berisikan pemberian kekuasaan kepada orang lain yang menerimanya untuk melaksanakan sesuatu atas nama orang yang memberikan kuasa.

Baca juga: 10 Contoh Surat Kuasa untuk Semua Keperluan Beserta Formatnya

Sifat surat kuasa dibagi menjadi surat kuasa umum dan surat kuasa khusus. Dasar hukum surat kuasa umum tercantum dalam pasal 1796 KUHPer. Sedangkan surat kuasa khusus tercantum dalam pasal 1795 KUHPer.

Nah berikut ini beberapa contoh surat kuasa pengambilan BPKB, baik contoh surat kuasa pengambilan BPKB mobil maupun contoh surat kuasa pengambilan BPKB motor.

Beragam contoh surat kuasa pengambilan BPKB

1. Contoh surat kuasa pengambilan BPKB umum

Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:
Umur:
Pekerjaan:
Alamat:

Dengan ini memberi kuasa sepenuhnya kepada:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.