Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Copywriting: Menggugah Konsumen dengan Kekuatan Tulisan

Kompas.com - 24/03/2022, 17:58 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Fauzi Ramadhan dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Sejak pertama kali diumumkan pada Maret 2020, pandemi telah membawa banyak perubahan dari segala aspek kehidupan bermasyarakat, salah satunya adalah perilaku berbisnis.

Keadaan pandemi memaksa pelaku bisnis untuk memasarkan produk dan jasanya lewat teknologi digital, misalnya lewat Whatsapp, Instagram, atau media sosial lainnya. Agar efektif memasarkan dan meminimalisasi kerugian, para pelaku bisnis perlu menyiapkan siasat dan metode yang tepat.

Lantas, apa saja siasat dan metode yang perlu dipersiapkan oleh para pelaku bisnis untuk memasarkan produknya di tengah pandemi ini?

Melalui siniar (podcast) Smart Inspiration edisi Smart Business episode “Cara Menarik Peminat Lewat Menulis Pesan”, James Gwee, motivator terkemuka sekaligus pebisnis asal Singapura, akan membantu kita untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Mampu mengalihkan perhatian

Sebelum lebih jauh membahas metode, James Gwee terlebih dahulu mengingatkan kita untuk mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan konsumen dari suatu produk.

Pertama, sesuatu yang bermanfaat untuk konsumen. Hal tersebut merupakan kunci awal dari ketertarikan konsumen atas produk yang dipasarkan. “Mereka akan tertarik untuk membaca,” ujar James.

Selanjutnya, sesuatu yang bersifat informatif dengan membahas cara-cara menghindari kesalahan atau kerugian dari sesuatu hal. Kerugian yang dimaksud oleh James Gwee dapat berupa finansial, kesehatan, sampai nyawa.

Ketiga, cara penulisan yang menarik melalui copywriting. Meskipun berada di urutan ketiga, metode ini merupakan variabel penting dalam menggugah perhatian calon konsumen.

Baca juga: Elemen Fundamental dalam Membangun Copywriting yang Efektif bagi Penjualan

Copywriting atau menulis pesan promosi dapat menjadi siasat kunci untuk memasarkan produk. Apalagi di tengah pandemi yang mengharuskan pelaku bisnis memanfaatkan teknologi digital.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.