Minyak Goreng Curah Mulai Langka, Pedagang Pasar Ungkap Penyebabnya

Kompas.com - 25/03/2022, 17:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) menyoroti ketersediaan minyak goreng curah yang langka.

Ketua Umum DPP APPSI Sudaryono mengatakan, pedagang masih sulit mendapatkan minyak goreng curah.

"Oleh karena sulit mendapatkan minyak goreng curah, otomatis stok di pedagang pasar tidak aman. Kami sering kekosongan atas komoditi minyak goreng (curah)," kata dia kepada Kompas.com Jumat (25/3/2022).

Baca juga: Pedagang Pasar: Menyakitkan, Harga Minyak Goreng Curah Masih Rp 20.000 Per Liter

Ia memerinci, biasanya harga minyak goreng curah yang dibeli pedagang Rp 13.000 per liter. Sementara Harga Eceran Tertinggi (HET) pemerintah sebesar Rp 14.000 per liter.

Sudayono menganalisis, sekurang-kurangnya ada tifa alasan penyebab mulai langkanya minyak goreng curah. Pertama karena adanya keterbatasan mobil tangki minyak goreng.

Ia menjelaskan, faktor ini krusial sebab minyak goreng curah diangkut menggunakan mobil tangki. Sedangkan banyak armada mobil tangki mulai dialihfungsikan sejalan dengan kebijakan pemerintah tempo lalu yang ingin menghapuskan minyak goreng curah.

Ia juga menilai pemerintah tidak dapat menyediakan mobil tangki untuk distribusi, sehingga proses penyaluran minyak goreng curah sekarang terhambat.

Baca juga: Ini Dalih Mendag Belum Membongkar Nama Tersangka Mafia Minyak Goreng

Kedua, ia bilang intervensi pemerintah terhadap harga minyak goreng jadi katalis. Seperti diketahui, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan baru terkait harga minyak goreng curah.

Semula minyak goreng curah dibanderol seharga Rp 11.500 per liter, sekarang harganya menjadi Rp 14.000 per liter.

"Saat intervensi pemerintah, produsen mengutangi produksi, sehingga terjadi kelangkaan. Setelah ditetapkan HET minyak goreng curah yang baru, produsen perlu waktu untuk memproduksi sesuai dengan kebutuhan masyarakat," urai dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.