Kompas.com - 27/03/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokopedia mengungkapkan tren transaksi jual beli online di Tokopedia menjelang perayaan Ramadhan 2022.

VP of Seller Experience Tokopedia, Puput Hidayat mengatakan, menjelang Ramadhan 2022, kategori makanan dan minuman, kecantikan, fesyen, produk perawatan diri, ibu dan anak serta fesyen anak menjadi beberapa kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi di Tokopedia.

“Penjualan hampers, di sisi lain, meningkat hampir 2 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hampers makanan menjadi yang populer sejauh ini,” ungkap Puput Hidayat dalam siaran persnya, Minggu (27/3/2022).

Baca juga: Jelang Ramadhan, Tokopedia Gelar Promo Ini

Puput menuturkan pihaknya selalu menyediakan berbagai kampanye yang bisa dimanfaatkan masyarakat agar belanja kebutuhan menjelang Ramadhan bisa lebih efisien. Misalnya kampanye Sambut Bulan Puasa yang menawarkan diskon maupun cashback.

Ada juga Modest on Trend yang menghadirkan kurasi produk lokal dari para pegiat UMKM fesyen muslim.

“Selain itu, mulai 25 Maret 2022 ini, festival belanja bulanan Tokopedia, Waktu Indonesia Belanja (WIB) juga berlangsung. Akan banyak sekali penawaran menarik yang bisa membuat belanja jelang atau saat Ramadan lebih hemat,” tambah Puput.

Baca juga: Jelang Ramadhan dan Lebaran, Sejumlah Pihak Klaim Ketersediaan Bawang Merah dan Cabai Aman

Khusus untuk pegiat usaha, Tokopedia menyediakan berbagai materi edukasi untuk mempersiapkan bisnis dengan lebih baik dan matang saat Ramadhan.

Dia menambahkan, pegiat usaha termasuk UMKM lokal juga bisa mengakses informasi mengenai kurikulum #SIAPRAMADAN 2022 lewat Pusat Edukasi Seller.

Kurikulum tersebut tersedia dalam berbagai tingkatan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pegiat usaha mulai beginner, intermediate dan advanced.

Di dalamnya terdapat berbagai kelas online atau webinar yang bisa diikuti untuk memaksimalkan penjualan selama Ramadhan.

Baca juga: Menperin Prediksi Kebutuhan Minyak Goreng Saat Ramadhan dan Lebaran 12.000 Ton Per Hari

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.