Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Tinggi, Harga Keekonomian Pertamax Bisa Tembus Rp 16.000 per Liter di April

Kompas.com - 27/03/2022, 16:06 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus memantau perkembangan dan dampak kenaikan harga minyak mentah dunia terhadap bahan bakar minyak (BBM). Hingga akhir Maret 2022, harga minyak dunia masih terpantau di atas 100 dollar AS per barel.

Tingginya harga minyak dunia pun membuat Kementerian ESDM memperkirakan harga keekonomian atau batas atas BBM RON 92 atau setara Pertamax menjadi sebesar Rp 16.000 per liter pada April 2022. Angka itu naik dari harga keekonomian di bulan ini yang sebesar Rp14.526 per liter.

Baca juga: Pertamax Bukan BBM Subsidi, Wajar Jika Harga Jualnya Ikuti Harga Pasar

"Mempertimbangkan harga minyak bulan Maret yang jauh lebih tinggi dibanding Februari, maka harga keekonomian BBM umum RON 92 April 2022 akan lebih tinggi lagi dari Rp 14.526 per liter, bisa jadi sekitar Rp 16.000 per liter," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam keterangannya, Minggu (27/3/2022).

Harga keekonomian BBM RON 92 atau setara Pertamax tersebut berdasarkan formula harga dasar dalam perhitungan harga jual eceran jenis BBM Umum. Adapun dalam menghitung harga keekonomian, mempertimbangkan realisasi perkembangan harga bulan sebelumnya.

Ia menjelaskan, konflik antara Rusia dan Ukraina masih menjadi faktor yang mendorong kenaikan harga minyak dunia. Di sisi lain, pasokan minyak mentah dari Rusia dan Kazakhstan pun terganggu akibat kerusakan pipa Caspian Pipeline Consortium yang berdampak pada berkurangnya pasokan ke Uni Eropa.

Agung mengungkapkan, tren harga minyak dunia yang masih tinggi sangat berdampak pada harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP). Per 24 Maret 2022 saja harga ICP tercatat sebesar 114,55 dollar AS per barrel, melonjak dari rata-rata ICP di Februari 2022 yang sebesar 96,7 dollar AS per barrel.

Baca juga: Pemerintah Sudah Tebar Kode, Harga Pertamax Bakal Segera Naik?

"ICP bulan Maret 2022 masih terpantau tinggi. Sejak akhir tahun 2021, ICP memang merangkak naik, dan makin meningkat sejak akhir Februari saat konflik Ukraina dan Rusia," katanya.

Oleh sebab itu, dia menekankan, pemerintah saat ini masih terus mencermati pergerakan minyak mentah di pasar internasional, mengingat hal ini bakal berdampak pula pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Saat ini kita masih mencermati harga minyak ini, karena kalau berkepanjangan memang bebannya berat juga baik ke APBN, Pertamina dan sektor lainnya," pungkas Agung.

Baca juga: Banyak Mobil Mewah Minum Pertamax, Stafsus Erick Usul Harganya Naik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com