Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Dianugerahi Kick Andy Heroes 2022, Iwan Dento: Terima Kasih Mentan SYL Atas Dukungannya

Kompas.com - 28/03/2022, 09:29 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Aktivis lingkungan warga Desa Salenrang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel) Iwan Dento mendapatkan anugerah Kick Andy Heroes 2022 sebagai penjaga alam Karst Rammang-Rammang.

“Kalau bicara soal rammang-rammang, kita bicara soal kehidupan dan soal identitas. Ada peninggalan leluhur kami yang sudah berusia 42.000 tahun lalu,” ungkap Iwan saat menerima dalam keterangan pers yang diterima oleh Kompas.com, Senin (28/3/2022).

Atas anugerah yang didapatkannya ini, Iwan Dento mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang telah mendukungnya sejak beliau menjabat sebagai Gubernur Sulsel hingga menjadi Mentan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada orangtua saya serta bapak Mentan SYL atas semua dukungan yang diberikan,” ucap Iwan.

Hal tersebut dikatakan Iwan dalam acara anugerah Kick Andy Heroes 2022 dihadiri langsung oleh Mentan SYL, Menteri Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Baca juga: Kementan Genjot KUR Pertanian di Jawa Timur untuk Memacu Kesejahteraan Petani

 

Menurut Iwan, peran Mentan SYL sangat besar dalam membangun desa wisata. Pasalnya, sepanjang SYL menjadi gubernur, ia terus memberi dukungan penuh dan semangat keadilan ekologi.

Mentan SYL melakukan itu untuk mendukung kelestarian lingkungan dan warisan alam yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas, sehingga menghasilkan Rammang-Rammang yang berubah menjadi salah satu wajah pariwisata Indonesia.

Iwan Dento bersama dengan komunitas aktivis lingkungan hidup.DOK. Kementan Iwan Dento bersama dengan komunitas aktivis lingkungan hidup.

“Awal lahirnya Rammang-Rammang lewat festival pulmon 2015 lalu yang dibuat oleh Mentan SYL pertama kali saat menjadi gubernur. Festival itu yang kemudian menjadi tolak ukur desa wisata sampai hari ini,” katanya.

Agenda selanjutnya, Iwan bersama dengan komunitas jaringannnya sedang memperjuangkan Karst Rammang-Rammang agar dapat masuk dalam golongan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) Global Geopark.

Masuk dalam golongan UNESCO Global Geopark bertujuan sebagai upaya perlindungan maksimal warisan masa depan.

Baca juga: Petani Jagung di Padang Pariaman Terancam Gagal Panen, Kementan Sarankan Mereka Ikut AUTP

“Sekali lagi terima kasih banyak bagi kami yang telah menjaga karat itu, menjaga kehidupan, serta menjaga idenditas warisan masa depan,” jelasnya.

Sebagai informasi, dalam acara anugerah Kick Andy Heroes 2022 salah satu juri utamanya adalah Yeni Wahid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com