Mandala Finance Dapat Suntikan 30 Juta Dollar AS dari ICD

Kompas.com - 28/03/2022, 16:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mandala Multifinance Tbk. tandatangani kerja sama dengan lembaga keuangan asal Timur Tengah, the Islamic Corporation for the Development of the Private Sector (ICD) sebesar 30 juta dollar AS, dengan total fasilitas hingga 50 juta dollar AS.

Nantinya, pendanaan ini akan digunakan untuk mendukung pengembangan sektor swasta di Indonesia. Seperti diketahui, ICD merupakan cabang sektor swasta dari Grup Islamic Development Bank (IsDB).

Baca juga: Punya Mobil Listrik? PLN Kasih Diskon 30 Persen Buat Isi Daya Kendaraan

“Kami sangat senang dan berterima kasih atas dukungan ICD melalui perjanjian pendanaan ini. ICD telah berperan penting dalam pertumbuhan pesat Mandala, tepatnya di produk pembiayaan syariah, dan kami bangga telah menjadi mitra terpercaya. Dana baru dari ICD dan mitra sindikasi ini akan menambah dimensi baru pada bisnis kami, terutama dalam membangun kemitraan yang lebih erat dengan institusi-institusi finansial syariah dunia,” kata Direktur Utama PT Mandala Multifinance Bapak Harryjanto Lasmana dalam siaran pers Senin (28/3/2022).

Ia mengatakan, pendanaan ini dilakukan dengan struktur pembiayaan murabahah. Pembiayaan ini bertujuan memenuhi kebutuhan pendanaan Mandala Finance untuk pembiayaan kendaraan bermotor roda dua baru.

Adapun kendaraan bermotor tersebut ditargetkan untuk membantu pelaku UKM dengan memenuhi kebutuhan operasional mereka. Harjyanto yakin, layanan ini akan menjadi solusi untuk mengembangkan bisnis mereka dengan akses yang mudah dan terjangkau.

Baca juga: East Ventures Buka Peluang Pendanaan Untuk Sektor Teknologi

Dalam kesempatan yang sama, Chief Executive Officer ICD Ayman Sejiny mengatakan, Indonesia adalah pasar utama bagi ICD.

"Kami berharap jalur pembiayaan ini dapat membantu meningkatkan dan mempermudah akses UKM ke pembiayaan, serta meningkatkan keterlibatan mereka dengan perekonomian nasional,” kata dia.

Pembiayaan sindikasi syariah kali ini menandai kerja sama keempat antara Mandala Finance dan ICD.

Rinciannya, pembiayaan pertama sebesar 8 juta dollar AS diberikan pada bulan November 2008, yang kedua adalah 25 juta dollar AS pada tahun 2011.

Sedangkan, transaksi terakhir pada tahun 2016 sebesar 40 juta dollar AS dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja Mandala untuk pembiayaan kendaraan bermotor roda dua baru.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.